RTK dalam tugas OJL
Rencana Tindak Kepemimpinan
NAMA
|
:
ADE ROHMAN GUNAWAN
|
||
ASAL
SEKOLAH
|
;
SDN 2 LEMBURSAWAH
|
Rencana Tindak Kepemimpinan
RTK: : Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan
aplikasi Microsoft Excel dalam mengolah nilai pembelajaran melalui IHT
Tujuan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Program
|
Skenario/
Langkah-langkah Program/ Kegiatan
|
Sumber
daya
|
Metode
pengumpulan data
|
Nilai
Kepemimpinan
|
Meningkatkan
kompetensi CKS dalam kepribadian sosial, manajerial, dan kewirausahaan.
Meningkatkan
kompetensi guru dalam menggunakan Microsoft Excel dalam mengolah nilai
pembelajaran.
|
CKS memiliki
kemampuan
Dan mengawal
terlaksananya IHT
secara baik dengan menunjukan sikap-sikap kepemimpinan spiritual, kepemimpinan
kewirausahaan, dan kepemimpinan
pembelajaran.
Guru memiliki
kemampuan untuk
1. mendefinisikan konsep Microsoft Excel
2. menjelaskan kelebihan Microsoft Excel
3. menjelaskan cara mengoperasikan Microsoft Excel
4. menggunakan Microsoft
Excel dalam pengolahan nilai pembelajaran
|
Kegiatan IHT mengenai penggunaan Microsoft Exel
dalam pengolahan nilai pembelajaran.
|
1. Perencanaan
a. Berkoordinasi
dengan kepala sekolah dan teman sejawat yang akan membantu pelaksanaan
pelatihan
b. Menyusun
program perencanaan tindakan: kegiatan yang akan dilakukan, waktu kegiatan,
personil yang terlibat, dan sejenisnya.
c. Menjalin kerjasama dengan nara sumber.
d. Membuat jadwal kegiatan.
e. Menyiapkan instrument-intsrumen yang dibutuhkan
(monev dan tes)
f. Menggandakan materi dan
panduan yang akan digunakan dalam IHT
2. Pelaksanaan
a.
Mengawal pelaksanaan IHT
dengan sepenuh hati.(kepemimpinan
spiritual)
b.
Memfasilitasi brainstorming
dan apersepsi pentingnya penggunaan Microsoft
Exce dalam pembelajaran . (kepemimpinan spiritual)
c.
Memfasilitasi pembelajaran mengoperasikan Microsoft
Exce dengan sabar. (kepimpinan
spiritual).
d.
Memberikan kesempatan guru
untuk mengoperasikan Microsoft Exce dalam penilaian pembelajaran
(kreatifitas, inovasi/ kepemimpinan
kewirausahaan.)
e.
Memberikan pendampingan
kepada guru-guru, jika perlu memberikan pembimbingan tambahan di luar IHT
(layanan, kerja keras, pantang menyerah/kepemimpinan
kewirausahaan).
f. Menindak lanjuti IHT dengan cara
melakukan observasi ketika guru menggunakan Microsoft Exce dalam penilaian
pembelajaran (kepemimpinan pembelajaran)
3. Monitoring dan Evaluasi
a. Monitoring
1) Membagikan instrument monitoring kepada responden yang terdiri dari
kepala sekolah, guru, dan pihak lain yang menjadi peserta.
2) Mengumpulkan instrument yang telah diisi oleh responden.
3) Mengolah data instrument untuk bahan refleksi.
b. Evaluasi
1) Membagiakan lembar soal dan lembar jawaban pada pretest dan posttest.
2) Mengumpulkan lembar soal dan jawaban.
3) Mengolah hasil evaluasi sebagai bahan refleksi.
4. Refleksi
a.
Mengidetifikasi kekuatan
dan kelemahan dalam setiap tahapan yang telah dilakukan.
b.
Mencari solusi untuk langkah yang belum berhasil,
khususnya hal-hal yang masih kurang.
c.
Menyusun program tindak
lanjut yang akan dilaksanakan pada siklus kedua.
|
Sumber daya manusia:
1. Pengawas
2. Kepala sekolah
3. Guru senior
4. Nara sumber
Non manusia :
1. ATK
2. Materi IHT
3. Instrument monitoring
4. Instrument evaluasi
|
1. Angket
2. Tes
|
sikap-sikap
kepemimpinan spiritual, kepemimpinan kewirausahaan, dan kepemimpinan pembelajaran.
|
Mengetahui Mengetahui Sukabumi,
1 September 2014
Pendamping Kepala
Sekolah CKS
MEMET,M.Pd. MULYANA SUTARNO,S.Pd. ADE ROHMANGUNAWAN
NIP.
196402131988031002 NIP 196306261984101002. NIP.
196206061981121001
No comments:
Post a Comment