BAB III.
PELAKSANAAN
RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN ( RTK )
A. Pelaksanaan
Rencana
Tindak
Kepemimpinan
Kegiatan Rencana Tindak Kepemimpinan mengambil judul “Upaya
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel
dalam Mengolah Nilai Pembelajaran
Melalui IHT “ di SDN 2 Lembursawah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.
Latar belakang mengapa mengambil judul tersebut di
atas adalah melihat hasil EDS yang paling rendah adalah pada Standar Proses
yaitu dalam pengelolaan Penilaian Pembelajaran, terutama mengolah nilai sikap
sesuai dengan penilaian Kurikulum 2013. Supaya memudahkan bagaimana mengolah
nilai tersebut di atas maka penulis mengembangkan keterampilan pengolahan nilai
angka dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Excel.
Secara umum dilaksankan sebanyak dua siklus,
masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan
evaluasi, refleksi dan hasil. Adapun kegiatan tersebut ialah sebagai berikut
1. Siklus
Pertama
a. Persiapan
Kegiatan yang dilakukan pada persiapan ini adalah :
1)
49
|
2)
|
3) Menjalin kerjasama dengan nara sumber.
4) Membuat jadwal kegiatan.
5) Menyiapkan instrument-intsrumen yang dibutuhkan (monev
dan tes)
6) Menggandakan materi dan panduan yang
akan digunakan dalam IHT
Untuk mempermudah pengolahan nilai pembelajaran dengan menggunakan aplikasi
Microsof Excel di SDN 2 Lembursawah maka penulis merencanakan kerjasama
mengadakan kegiatan IHT (In House Training)
Rencana kegiatan ini kemudian kami
ajukan kepada kepala sekolah untuk mendapatkan persetujuan. Setelah mendapat
pesetujuan dari kepala sekolah, maka penulis menghubungi semua peserta melaui undangan untuk
mengikuti IHT tentang kegunaan Aplikasi Microsof Excel
dalam mengolah nilai pembelajaran di SDN 2 Lembursawah.
b. Pelaksanaan
Berdasarkan diskusi dengan guru- guru SDN 2 Lembursawah, maka disepakati kegiatan IHT dilakukan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 17 s.d.18 September2014
(20 JP). Kegiatan yang
bertajuk pentingnya cara menggunakan
Aplikasi Microsof Excel dalam mengolah nilai pembelajaran ini
diikuti oleh semua guru SDN 2
Lembursawah
Narasumber/Fasilitator
Tabel 3.1
DAFTAR NAMA
NARASUMBER/FASILITATOR/PANITIA
IHT Aplikasi Microsof Eksel
DI SDN 2
LEMBURSAWAH
Tanggal 17 – 18 September 2014
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Ket.
|
1
|
Ade Roghes
|
Fasilitator
|
|
2
|
Redi Sunandar
|
Fasilitator
|
|
3
|
Cece Lukman
|
Panitia
|
|
Peserta
Tabel 3.2
Daftar Peserta
No
|
N a m a
|
Jabatan
|
Tandatangan
|
Ket.
|
1
|
Mulyana Sutarno,SPd
|
Kep.Sek
|
|
|
2
|
Uu Julaeha,SPd.I
|
Gr.Kls. I
|
|
|
3
|
Aam Aminah,SPd.SD
|
Gr.Kls.V
|
|
|
4
|
Eneng Nursilawati,SPd.I
|
Gr.PAI
|
|
|
5
|
Titih Hayat,SPd
|
Gr.Kls.IV
|
|
|
6
|
Cece Lukman,SPd
|
Gr.Kls.VI
|
|
|
7
|
Eha Julaeha,SPd
|
Gr.Kls.II
|
|
|
8
|
Eneng Nurmalia,SPd
|
Gr.Mulok
|
|
|
9
|
Lia Ayu Astuti,SPd.
|
Gr.Mulok
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur
Program
v
Siklus I.
Struktur Program kegiatan IHT
dalam siklus ke 1IHT Tahap 1 (2 hari = 20 jam @ 45 menit) sebagai berikut :
Tabel 3.3
Struktur Program
No
|
Materi
|
Alokasi Waktu
@45’
|
Narasumber/Fasilitator
|
|
A. Materi Umum
|
|
|
1.
|
Pembukaan
dan Pengarahan
|
1
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
Penutupan
|
1
|
Kepala Sekolah
|
|
B. Materi Pokok
|
|
|
3.
|
Pengertian Microsoft Excel
|
3
|
Fasilitator
|
4.
|
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
|
4
|
Fasiltator
|
5.
|
Manfaat dari Microft Excel
|
4
|
Fasilitator
|
6.
|
Tampilan Menu Microsoft Excel
|
7
|
Fasilitator
|
|
Jumlah
|
20
|
|
Catatan:
·
Peserta
dapat mengembangkan Materi Pokok sesuai kebutuhan.
Jadwal
Tabel 3.4
JADWAL
IHT Aplikasi
MICROSOFT EXCEL TAHAP i
di SDN 2
LEMBURSAWAH
TANGGAL: 17
– 18 SEPTEMBER 2014
Jam
|
Kegiatan
|
Narasumber/ Fasilitator
|
Hari Pertama: Hari : Rabu
tanggal 17 September 2014
|
||
07.30 – 09.00
|
·
Pembukaan
·
Pengarahan
|
Kepala
Sekolah
|
09.00 – 10.00
|
Pengertian
Microsoft Excel
|
Fasilitator
|
10.00 – 10.15
|
Istirahat
|
|
10.15-12.00
|
Lanjutan
pembelajaran Pengertian Microsoft Excel
|
Fasilitator
|
12.00 – 13.00
|
I S
O M A
|
|
13.00 – 16.00
|
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
|
Fasilitator
|
16.00
|
Pulang
|
|
Hari
Kedua: Hari Kamis, tanggal 18 September 2014
|
||
07.30 – 10.30
|
Manfaat dari Microft Excel
|
Fasilitator
|
10.30 – 10.45
|
Istirahat
|
|
10.45 – 12.15
|
Tampilan
Menu Microsoft Excel
(termasuk kerja mandiri)
|
|
12.15 – 13.15
|
Istirahat
dan Makan siang
|
|
13.15 – 15.30
|
Lanjutan
pembelajaranTampilan Menu Microsoft Excel
(termasuk
kerja mandiri)
|
|
15.30 – 17.00
|
Presentasi
hasil kerja mandiri
|
|
16.15
|
Penutupan
|
|
c. Monitoring
dan Evaluasi
1)
Monitoring
Dalam
proses kegiatan ini di sekolah sendiri dimonev dengan menggunakan angket yang
diisi oleh responden kepala sekolah, pengawas, teman sejawat sebagai peserta,
dan Peserta didik
Berdasarkan
hasil monitoring tersebut adalah :
Dilakukan
melalui mekasnisme tahapan persiapan, pelaksanaan, analisis dan tindak lanjut,enggunkan instrumen yang relevan dan Informasi diperoleh secara lisan atau berdasarkan bukti
dan fakta,yang
kemudian hasil monev
diinfomasikan kepada cakep untuk memperoleh umpan balik.
Hasil dari pengukuran
tersebut hasilnya adalah sebagai berikut,
Tabel 3.5
INSTRUMEN MONITORING PELAKSANAAN IHT
Hari : Kamis
Tanggal : 18
September 2014
NO.
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
HASIL (PROSENTASE)
|
1.
|
Kegiatan terencana dan terorganisir.
|
80 %
|
2.
|
Isi
program relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
|
85 %
|
3.
|
Tempat Nyaman
|
90 %
|
4.
|
Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat.
|
75 %
|
5.
|
Materi dan
Bahan Ajar digunakan sesuai dengan isi program.
|
80 %
|
6.
|
Fasilator membantu peserta
mencapai tujuan pembelajarannya
dengan baik.
|
85 %
|
7.
|
Persepsi peserta terhadap
pembelajaran baik.
|
80 %
|
8.
|
Layanan administrasi kepada dilakukan dengan baik.
|
85
|
2)
Evaluasi
Calon
kepala sekolah melakukan evaluasi di awal dan di akhir pelaksanaan pembelajaran
untuk mengetahui pencapaian indikator keberhasilan.
Tabel
3.6
INSTRUMRN
EVALUASI PEMBELAJARAN
Hari
: Kamis
Tanggal : 18
September 2014
NO.
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
HASIL (PROSENTASE)
|
1.
|
Memahami
Konsep/Teori Mc.Excel
|
70 %
|
2.
|
Trampil membuka aplikasi Mc. Excel
|
75 %
|
3.
|
Memahami
Konsep/Teori Pengolahan Nilai
|
75 %
|
4.
|
Trampil membuat format menggunakan aplikasi Mc.
Excel
|
70 %
|
|
d. Refleksi
Refleksi dilaksanakan dari tahap perencanaan sampai dengan monev. Tahapan ini dimaksudkan untuk mengkaji
secara menyeluruh tindakan yang telah dilakukan, berdasarkan data yang telah tekumpul.
Dari hasil monitoring dan evaluasi masih terdapat
kelemahan atau kekurangan, untuk meningkatkan kekurangan tersebut maka akan
dilaksanakan kegiatan pada siklus 2
2. Pelaksanaan Siklus II
Memperhatikan hasil monitoring dan
evaluasi serta hasil refleksi masih adanya kelemahan baik dilihat dari
aktivitas pelaksanaan maupun dilihat dari penguasaan materi, maka dari itu
perlu dianutkan pada sikus dua dengan rincian kerja sebagai berikut:
a.
Persiapan
Pada tahap kedua dilaksanakan dengan
menggunakan langkah-langkah yang sama dengan tahap perbaikan hasil kegiatan pada tahap pertama
yang sudah pernah dilakukan.
Kegiatan yang dilakukan pada tahap
kedua ini adalah : Mensosialisasikan hasil kegiatan pertama terhadap guru-guru
yang kemudian pelaksanaannya sesuai kesepakatan yang telah ditentukan yaitu :
Pelaksanaan kegiatan tahap kedua
adalah sebagai berikut :
Hari :
Selasa – Rabu
Tanggal : 23 –
24 September 2014
Tempat : SDN
2 LEMBURSAWAH
Mengabsen Guru yang akan mengikuti kegiatan (Daftar hadir terlampir), kemudian mempersiapkan materi dan struktur
kegiatan. Pesertakegiatan adalah guru-guru SDN 2 Lembursawah. Narasumber/ Fasilitator
adalah CAKEP sendiri dibantu oleh dua orang TPK.
b.
Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan kegiatan siklus II, CAKEP tetap
sebagai fasilitator hanya yang lebih kreatif adalah pesertanya. Cakep hanya
memberikan penjelasan ulang tentang cara menggunakan aplikasi Mc.Excel dalam
pengolahan nilai yang terkait dengan siklus I yang hasilnya masih kurang
maksimal. Dalam kegiatan ini peserta lebih ditekankan pada ketelitian dan
keterampilan dalam menggunakan aplikasi Mc.Excel.
c.
Monitoring dan Evaluasi
Monitoring dilakukan oleh Kepala Sekolah. Berdasarkan hasil monitoring adalah :
Dilakukan
melalui mekanisme tahapan persiapan, pelaksanaan, analisis dan Tindak lanjut, kemudian
disampaikan dengan menggunakan materi dan instrument yang relevan serta Informasi
diperoleh secara lisan atau berdasarkan bukti dan fakta untuk selanjutnya hasil
monitoring
diinformasikan kepada cakep untuk memperoleh umpan balik.
Hasil
dari pengukuran tersebut hasilnya adalah sebagai berikut,
Tabel 3.7
INSTRUMEN MONITORING PELAKSANAAN IHT
Siklus 2
Hari : RABU
Tanggal : 24
September 2014
NO.
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
HASIL %
(Siklus 1)
|
HASIL
%
(Siklus 2)
|
Perubahan
Pencapaian
|
1.
|
Kegiatan terencana dan terorganisir.
|
80 %
|
90 %
|
10 %
|
2.
|
Isi
program relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
|
85 %
|
95 %
|
10 %
|
3
|
Tempat Nyaman
|
90 %
|
90 %
|
0
|
4
|
Kegiatan
Pembelajaran dilaksanakan dengan tepat.
|
75 %
|
95 %
|
20 %
|
5
|
Materi dan Bahan Ajar digunakan sesuai
dengan isi program.
|
80 %
|
95 %
|
15 %
|
6
|
Fasilator membantu peserta
mencapai tujuan pembelajarannya
dengan baik.
|
85 %
|
90 %
|
15 %
|
7
|
Persepsi peserta terhadap
pembelajaran baik.
|
80 %
|
90 %
|
10 %
|
8
|
Layanan administrasi kepada dilakukan dengan baik.
|
85 %
|
90 %
|
5 %
|
d. Evaluasi
Calon kepala sekolah
melakukan evaluasi di awal dan di akhir pelaksanaan pembelajaran untuk
mengetahui pencapaian indikator keberhasilan.
Tabel
3.8
INSTRUMRN
EVALUASI PEMBELAJARAN
Siklus 2
Hari : RABU
Tanggal : 24
September 2014
NO.
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
HASIL (PROSENTASE)
|
||
Siklus I
|
Siklus II
|
Perubahan Pencapaian
|
||
1.
|
Memahami
Konsep/Teori Mc.Excel
|
70 %
|
90 %
|
20 %
|
2.
|
Trampil
membuka aplikasi Mc. Excel
|
75 %
|
95 %
|
20 %
|
3
|
Memahami
Konsep/Teori Pengolahan Nilai
|
75 %
|
90 %
|
15 %
|
4
|
Trampil membuat format menggunakan aplikasi Mc.Excel
|
70 %
|
90 %
|
20 %
|
Rata-rata
|
72,5 %
|
91,25
%
|
18,75
%
|
e.
Hasil
Keberhasilan cakep
dalam RTK, Setelah melalui dua tahap pelaksanaan IHT, kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft excel
meningkat secara signifikan, dari 45%
guru tidak bisa mengoperasikan sama
sekali hanya tinggal 0%. Artinya dari semua peserta yang mengikuti pelatihan
seluruhnya sudah mengetahui cara menggunakan
aplikasi Microsoft excel.
f.
Refleksi
Dari pendekatan personal yang penulis lakukan secara
umum dapat dinyatakan bawa dewan guru SDN 2 Lembursawah tidak terlalu mengalami
kesulitan dalam memahami dan mempraktikan aplikasi Mc.Excel dalam pengolahan
nilai pembelajaran. Sehingga ada perubahan/peningkatan pemahaman di siklus 2, hal
ini dapat dimaklumi sebab sebagai seorang guru yang kualifikasi pendidikan S1
mereka rata-rata sudah memiliki dasar yang kuat dalam memahami materi IHT.
Kendala yang banyak muncul bahkan timbul dari beberapa
orang guru yang masih memiliki kemampuan IT emergency,
karena IHT dilaksanakan berbasis IT perlu bimbingan lebih detil dalam
pembuatan format-format pengolahan nilai pembelajaran dengan menggunakan
aplikasi Microsoft excel.
Membaca
tabel 3.8 hasil monitoring dan evaluasi dan membandingkan hasil kegiatan siklus
pertama dan siklus kedua, bahwa kegiatan RTK ini telah dapat meningkatkan kompetensi penyusun dalam hal
kepemimpinan spiritual, kewirausahaan, dan kompetensi guru dalam meyusun
penilaian ulangan harian dengan menggunakan alikasi Mc Eksel.
Pada akhirnya dengan kegiatan RTK
telah dapat meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah dalam hal kepemimpinan
spiritual, pembelajaran, serta kewirausahaan.
B. SUPERVISI
GURU YUNIOR
1. Kegiatan Siklus I
a. Perencanaan
Kualitas satuan pendidikan tidak terpisahkan
dari kualitas pembelajaran di kelasnya. Berbagai upaya peningkatan mutu
pendidikan tingkat satuan pendidikan dapat dianggap kurang berguna
bilamana belum menyentuh perbaikan proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam
rangka peningkatan kualitas pendidikan tingkat satuan pendidikan, pemerintah, dalam hal ini
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan berbagai program yang
diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Di antara
keseluruhan komponen dalam pembelajaran guru merupakan komponen organik yang sangat
menentukan. Apapun hasil yang telah dilakukan oleh pemerintah, namun yang pasti adalah
peningkatan kualitas pembelajaran tidak mungkin ada tanpa kualitas kinerja
guru. Peningkatan kualitas pembelajaran tidak mungkin ada tanpa peningkatan
kualitas para gurunya.
Guru merupakan
sumber daya manusia yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Guru merupakan
unsur pendidikan yang sangat dekat hubungannya dengan peserta didik dalam sehari-hari di sekolah dan
banyak menentukan keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan.
Pemberdayaan profesi guru diselenggarakan
melalui pengembangan diri yang dilakukan secara
demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan
menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural,
kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi.
Salah satu
program yang dapat diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan guru adalah
supervisi akademik. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk
membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi
pencapaian tujuan akademik. Dengan demikian, berarti, esensial supervisi
akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya.
Mengembangkan kemampuan dalam konteks ini janganlah ditafsirkan secara sempit,
semata-mata ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar
guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen atau kemauan dan motivasi guru, sebab dengan
meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja guru, kualitas akademik akan
meningkat.
Tujuan dari
supervisi akademik adalah mengembangkan kompetensi, mengembangkan kurikulum dan
mengembangkan kelompok kerja guru dan membimbing PTK, dengan prinsip praktis,
objektif, realistis, antisipatif,
konstruktif, kooperatif, kekeluargaan, demokratis, aktif, humanis,
berkesinambungan, terpadu dan komprehensif.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan supervisi
akademik dalam pelaksanaannya dapat dilaksanakan dengan cara Observasi dan kunjungan kelas.
Tahapan
pelaksanaan supervisi terdiri dari tiga tahap, yaitu:
1)
Pra observasi.
Hal yang pertama dilakukan sebelum
pelaksanaan observasi adalah melakukan konsultasi dengan kepala sekolah. Hal
yang dikonsultasikan adalah mengenai teknik observasi, guru yang akan
diobservasi, dan perangkat yang harus disiapkan dalam kegiatan observasi.
Setelah itu, penyusun selaku observer, menyusun persiapan/ perencanaan, observer
menyiapkan perangkat observasi/instrumen
yang akan digunakan
dalam pelaksanaan observasi
diantaranya:
b) Instrumen
observasi kelas
c) Daftar
pertanyaan setelah observasi
d) Format
tindak lanjut hasil observasi
Kemudian melakukan pertemuan dengan guru
junior yang akan diobservasi, yaitu guru kelas 6 (Bapak Cece Lukman, S.Pd.)
Pada pertemuan
pertama observer meminta kesediaan guru junior untuk diobservasi dalam
proses pembelajarannya. Setelah guru junior menyatakan bersedia, berikutnya disepakati
penentuan waktu pelaksanaan observasi dan menginformasikan bahan-bahan yang
perlu dipersiapkan oleh guru junior dalam pelaksanaan observasi diantaranya:
silabus, RPP, bahan ajar,
alat peraga atau media dan penilaian yang akan digunakan. Pada
pertemuan tersebut juga dimusyawarahkan tentang jadwal pelaksanaan observasi.
Berdasarkan
kesepakatan, jadwal pelaksanaan observasi adalah sebagai berikut:
v
Bapak Cece Lukman, S.Pd.
(guru kelas 6) akan diobservasi pada:
·
Hari Senin,22 September 2014
Pada pertemuan
tersebut disepakati juga jadwal
pertemuan berikutnya yang dilaksanakan sebelum kegiatan observasi yang
bertujuan untuk mendiskusikan bahan-bahan yang telah dipersiapkan guru junior.
Pada pertemuan ini observer memeriksa silabus, RPP, bahan ajar, alat peraga atau
media dan penilaian yang telah disiapkan, kemudian mendiskusikan hal-hal yang
perlu dilakukan perbaikan-perbaikan. Observer dapat memberikan masukan yang
sifatnya melengkapi jika terdapat kekurangan dari bahan-bahan tersebut.
Untuk menghindari
kemungkinan munculnya kekakuan dan ketegangan guru junior pada pelaksanaan
observasi nantinya, maka diinformasikan pula tujuan observasi yang akan
dilakukan. Observasi guru junior adalah salah satu tugas peserta diklat calon kepala
sekolah pada kegiatan On The Job Learning dan tidak ada hubungannya
dengan penilaian kinerja guru di sekolah. Observasi ini juga dapat membantu
guru junior memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses dan hasil
pembelajarannya.
2) Observasi
Observasi
1
Bapak Cece Lukman, S.Pd.(Guru kelas 6).
Pada hari Senin, 22
September 2014, observer melakukan observasi terhadap guru junior yang
bernama Bapak Cece Lukman, S.Pd. (Guru
kelas 6). Sebelum
melaksanakan observasi kelas, diadakan dahulu pertemuan untuk melihat persiapan yang dilakukan oleh
guru junior. Observer meminta Silabus dan RPP satu rangkap kemudian memberikan
penilaian dengan mengisi instrumen perencanaan kegiatan pembelajaran, yang
selanjutnya akan digunakan sebagai bahan kontrol pada pelaksanaan observasi
kelas.
Setelah itu
langsung melaksanakan observasi ke kelas 6. Pada saat diobservasi Bapak Bapak Cece Lukman, S.Pd. mengajar mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Kompetensi Dasar 1.3
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
Di kelas, observer melakukan pengamatan
langsung terhadap pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan awal sampai pada
kegiatan penutup.
Yang menjadi obyek pengamatan adalah aktivitas guru dan siswa dalam
proses belajar mengajar. Aktivitas
guru dan siswa dicatat pada catatan kejadian dan mengisi instrumen observasi
kelas yang telah dipersiapkan. Catatan kejadian dijadikan sebagai bahan diskusi
sekaligus bahan evaluasi pada saat kegiatan refleksi pembelajaran. Untuk memperoleh bukti pelaksanaan pembelajaran tersebut
observer mendokumentasikannya dalam bentuk photo.
Pada kegiatan awal,
ketua kelas menyiapkan teman-temannya untuk belajar dan mengucapkan salam yang
kemudian dibalas oleh guru dengan salam pula. selanjutnya guru memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas. Kemudian guru mengawali pembelajaran dengan menanyakan
kesiapan siswa untuk belajar. Guru kemudian memberikan motivasi kepada siswa
untuk lebih giat belajar agar menjadi siswa yang senantiasa mencintai setiap
mata pelajaran termasuk mata pelajaran IPA. Berikutnya guru melakukan apersepsi
dan dilanjutkan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu (siswa dapat
menyebutkan cara berkembangbiakan hewan).
Selanjutnya pada
kegiatan inti, guru meminta siswa untuk menyebutkan cara
pemkembangbiakan hewan. Kemudian
guru menjelaskan cara berkembangbiak hewan, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang masih
memerlukan penjelasan. Berikutnya, guru membagikan LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik). Dalam mengerjakan LKPD tersebut, peserta didik
melakukan diskusi dengan teman sekelompoknya. Kemudian masing-masing kelompok
melaporkan hasil diskusinya secara tertulis. Kemudian guru membahas hasil
diskusi peserta didik. Berikutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa
menanyakan hal-hal yang mereka belum mengerti. Pada bagian penutup, guru
meminta peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran. Beberapa peserta didik
menyampaikan kesimpulan materi pembelajaran. Guru memberikan pujian kepada
peserta didik yang telah dapat menyimpulkan materi pembelajaran. Kemudian guru
mengulangi dan melengkapi kesimpulan materi pembelajaran. Berikutnya guru
memberikan tugas sebagai bentuk penguatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Pesan terakhir dari guru adalah agar peserta didik mengerjakan tugasnya dan
jika ada yang tidak dimengerti disarankan untuk bertanya kepada temannya.
Kemudian pelajaran ditutup dengan membaca do’a.
3).Pasca
Observasi
Berikut ini adalah
saran yang disampaikan pasca observasi oleh observer kepada guru junior yang
diobservasi :
Setelah observasi kelas
pertama kepada Bapak Cece Lukman,
S.Pd. selesai, observer kembali melakukan pertemuan dengan guru yang
diobservasi. Ini dilakukan untuk mendiskusikan tentang kekurangan dan kelebihan
proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pada pertemuan ini observer
memberi masukan agar guru yang diobservasi menggunakan media pembelajaran
untuk mempermudah penyampaian materi dan
memotivasi siswa agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
4). Tindak lanjut
Pada tahap tindak lanjut,
supervisor memuji pembelajaran yang telah dilaksanakan guru junior. Berdasarkan
hasil penelaahan kajian RPP, hasil observasi pembelajaran di kelas, dan diskusi
tentang kelebihan dan kekurangan hasil supervisi, maka dicapai kesimpulan bahwa
perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam penampilan pembelajaran pada siklus
kedua. Ada beberapa kelemahan yang perlu dilakukan perbaikan pada siklus kedua,
yaitu :
Proses pembelajaran di kelas
a) Pada
media pembelajaran, belum sesuai apa yang tercantum di dalam RPP dan belum
bervariasi.
b) Guru
membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran, pada
kenyataannya guru belum membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman hasil
pembelajaran dan guru tidak menyuruh kepada siswa untuk menyalin pada bukunya
masing-masing.
Agar pada penampilan pada
siklus kedua adanya perubahan yang signifikan, di waktu-waktu segang
dilaksanakan bimbingan individu terhadap guru junior tentang penyusunan
perangkat pembelajaran, persiapan bahan ajar, persiapan media dan sumber
belajar serta instrument penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar (KD),
indikator, dan bahan ajar. Bimbingan penyusunan perangkat pembelajaran terutama
difokuskan pada hal-hal yang masih kurang. Dengan bimbingan ini diharapkan
adanya perubahan dan dapat meningkatkan kompetensi guru junior dalam hal
pembelajaran.
d.Hasil
1) Hasil
Kuantitatif
Tabel
3.9
Hasil
Penampilan Supervisi Akademik Guru Junior Siklus Pertama
Nama
Guru Junior : Cece Lukman, S.Pd.
Guru Kelas
: VI
Aspek yang Diamati
|
Siklus I
|
Siklus I
|
Perubahan
|
||
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
||
RPP
|
79,55 %
|
Baik
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
|
81,94 %
|
Baik
|
-
|
-
|
-
|
2) Refleksi
Penampilan guru junior pada
penyusunan perangkat pembelajaran sudah baik mencapai 79,55 % namun ada
beberapa kelemahan dalam penyusunan RPP yaitu :
a) Pada
tujuan pembelajaran, rumusan tujuan belum memenuhi kriteria ABCDE (audien,
behavior, kondisi, degree, dan enviroment).
b) Materi/bahan
ajar, belum menunjukkan kesesuaian dengan kompetensi dasar (KD) dan indicator.
Penampilan guru junior berdasarkan hasil
observasi pembelajaran di kelas juga sudah baik mencapai 81,94%. Seperti pada
penyusunan perangkat pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran juga ada
beberapa kelmahan, seperti :
a) Pada media pembelajaran, belum sesuai apa yang tercantum
di dalam RPP dan belum bervariasi.
b) Guru
membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran, pada
kenyataannya guru belum membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman hasil
pembelajaran dan guru tidak menyuruh kepada siswa untuk menyalin pada bukunya
masing-masing.
e.Program Tindak Lanjut
Tabel 3.10
Instrument Tindak Lanjut
Hasil Supervisi Akademik Siklus Kesatu
No.
|
Nama Guru
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Hasil Skor Kuanti
tatif
|
Catatan Khusus Kualitatif
|
Tindak Lanjut
|
Realisasi Tindak Lanjut
|
1.
|
Cece Lukkman,SPd
|
IPA
|
VI
|
80,74 %.
|
Perbaikan pada media
pembelajaran/
|
Bimbingan individual
|
Melakukan supervise
academia guru junior pada siklus kedua
|
Berdasarkan
hasil penampilan guru junior yang dipaparkan di atas maka dipandang perlu
dilakukan penampilan siklus kedua pada hari Senin tanggal 29 September 2014
untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi pada penampilan siklus
pertama dan hal-hal yang sudah baik dilaksanakan tetap ditingkatkan kembali
pada penampilan siklus kedua. Agar pada siklus kedua adanya peningkatan,
penyusun terlebih dahulu melakukan bimbingan individual terhadap guru junior
tentang penyusunan perangkat pembelajaran.
2.
Kegiatan
Siklus II
a.
Perencanaan
Seperti biasa, observasi diawali dengan
pertemuan antara observer dan guru junior. Dalam pertemuan ini dilakukan wawancara seputar persiapan guru
junior untuk melaksanakan proses pembelajaran. Di sini guru junior memberikan
silabus dan RPP untuk dikaji dan dinilai sesuai instrumen yang telah disiapkan
oleh observer.
Setelah tiba saatnya jam pelajaran IPA di kelas 6, observer
melaksanakan kunjungan kelas dan mengamati kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir.
Dengan gayanya yang khas dan diselingi
canda, Bapak Cece Lukman, S.Pd.
membagikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Dalam mengerjakan LKPD tersebut,
peserta didik melakukan diskusi dengan teman sekelompoknya. Kemudian
masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya secara tertulis. Kemudian
guru membahas hasil diskusi peserta didik. Berikutnya guru memberikan
kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang mereka belum mengerti.
b.
Pelaksanaan
Observasi
1) Pra observasi
Pada kegiatan
pra-observasi, hari Sabtu tanggal 27 September 2014 penyusun menemui kembali guru
junior Cece Lukman, S.Pd. (guru kelas VI) untuk mengkaji dan menelaah
penyusunan RPP hasil perbaikan sesuai kekurangan pada siklus pertama terutama
pada tujuan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan apakah sudah
bervariasi, menanyakan kesiapan media dan sumber belajar yang akan ditampilkan
pada kegiatan pembelajaran siklus kedua, juga pengaturan tempat duduk peserta
didik.
2)
Observasi
Bapak Cece Lukman, S.Pd.(Guru kelas 6) diobservasi yang
kedua kalinya pada hari Senin tanggal 29 September 2014 pada mata
pelajaran IPA, Kompetensi Dasar 1.3. Perkembangan Hewan dan Tumbuhan di kelas
6.
Pada kegiatan awal, ketua kelas menyiapkan teman-temannya
untuk belajar dan mengucapkan salam yang kemudian dibalas oleh guru dengan
salam pula. selanjutnya guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas. Kemudian guru mengawali
pembelajaran dengan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar. Guru kemudian
memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar agar menjadi siswa
yang senantiasa mencintai setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran IPA.
Berikutnya guru melakukan apersepsi dan dilanjutkan dengan menyampaikan tujuan
pembelajaran hari itu (siswa dapat menyebutkan cara
berkembangbiakan hewan).
Selanjutnya pada kegiatan inti, guru meminta siswa untuk menyebutkan
cara pemkembangbiakan hewan. Kemudian
guru menjelaskan cara berkembangbiak hewan, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang masih
memerlukan penjelasan. Berikutnya, guru membagikan LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik). Dalam mengerjakan LKPD tersebut, peserta didik melakukan
diskusi dengan teman sekelompoknya. Kemudian masing-masing kelompok melaporkan
hasil diskusinya secara tertulis. Kemudian guru membahas hasil diskusi peserta
didik. Berikutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal
yang mereka belum mengerti. Pada bagian penutup, guru meminta peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran. Beberapa peserta didik menyampaikan
kesimpulan materi pembelajaran. Guru memberikan pujian kepada peserta didik
yang telah dapat menyimpulkan materi pembelajaran. Kemudian guru mengulangi dan
melengkapi kesimpulan materi pembelajaran. Berikutnya guru memberikan tugas
sebagai bentuk penguatan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pesan terakhir
dari guru adalah agar peserta didik mengerjakan tugasnya dan jika ada yang
tidak dimengerti disarankan untuk bertanya kepada temannya. Kemudian pelajaran
ditutup dengan membaca do’a.
3)
Pasca
Observasi
Setelah selesai kegiatan
observasi di kelas dan beristirahat sejenak, penyusun sebagai observer
mengadakan refleksi tentang hasil pengkajian dan penelaahan RPP yang disusun
oleh guru junior serta hasil observasi yang baru saja dilakukan. Penyusun
menanyakan kembali kepada guru junior sesuai yang ditanyakan pada penampilan
pada siklus pertama. Observer dan guru junior berdiskusi materi pertanyaan yang
menyangkut tentang perasaan guru junior setelah selesai melaksanakan
pembelajaran, kesulitan apa saja yang dihadapi guru junior atau siswa saat
melaksanakan pembelajaran, dan alternatif solusi untuk kesulitan tersebut.
c.Tindak
Lanjut
Pada tahap tindak lanjut, supervisor memuji
pembelajaran yang telah dilaksanakan guru junior. Berdasarkan hasil penilaian
supervisi akademik yang dilakukan penyusun terhadap guru junior, mulai
penilaian penyusunan RPP yang disusun oleh guru junior dan dilanjutkan dengan
penilaian hasil observasi pembelajaran guru junior di kelas.
d.Hasil
1)
Hasil Kwantitatip
Tabel
3.11
Data
Nilai Bapak Cece Lukman, S.Pd Siklus I
No
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
SIKLUS
1
|
SIKLUS
II
|
RATA-RATA
|
PERUBAHAN
PENCAPAIAN
|
1
|
RPP
|
79,55 %
|
88,64%
|
80,09 %
|
9,09 %
|
2
|
OBSERVASI
|
81,94%
|
91,67%
|
86,8 %
|
9,73 %
|
2).Refleksi
Kemampuannya dalam menyusun rencana
pembelajaran lebih baik dari pada kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran.
Ia belum dapat menyajikan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
Namun demikian hasil observasi menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai
9,41% dari observasi pertama ke
observasi kedua.
e.Program
Tindak Lanjut
Tabel 3.12
Instrument Tindak Lanjut
Hasil Supervisi Akademik Siklus Kedua
No.
|
Nama Guru
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Hasil Skor Kuanti
tatif
|
Catatan Khusus Kualitatif
|
Tindak Lanjut
|
Realisasi Tindak Lanjut
|
1.
|
Cece Lukman
|
IPA
|
VI
|
90,15 %.
|
Kelemahan-kelemahan yang
terjadi pada siklus pertama sudah diperbaiki dan terlaksana dengan baik.
|
Guru Junior tetap harus
meningkatkan kinerja sebagai guru yang profesional.
|
Pada kegiatan-kegiatan
selanjut nya di sekolah.
|
Dari
data di atas, dapat disimpulkan bahwa Bapak Cece
Lukman, S.Pd. pada observasi pertama mendapat nilai dengan
katagori baik dan pada obs Namun
demikian, guru harus tetap konsisten dalam melaksanakan tugas profesinya.
Setelah
penyusun melakukan serangkaian kegiatan supervisi akademik terhadap guru junior
melalui siklus kesatu dan siklus kedua, benar bahwa kegiatan ini telah dapat
memberikan pengalaman langsung kepada penyusun sebagai calon kepala sekolah
dalam hal kompetensi supervisi akademik, mulai dari penyusunan perencanaan,
melaksanakan, dan mengevaluasi program supervisi akademik. Pada akhirnya
kegiatan supervisi akademik guru junior ini, telah dapat meningkatkan
kompetensi supervisi akademik penyusun sebagai calon kepala sekolah dan dapat
dijadikan tindak lanjut dalam penyusunan program supervisi akademik
selanjutnya.
2) PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Rencana Perangkat Pembelajaran
Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, dan instrumen
evaluasi sesuai dengan permen diknas no 41 tahun 2007 tentang standar proses.
Visi Pendidikan Nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai
pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara
Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan
proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah.
Salah satu prinsip yang dijadikan landasan dalam pelaksanaan reformasi
pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan
pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Dalam proses
tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan
mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Implikasi dari prinsip ini
adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran
ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta
didikdengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses
pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar
terlaksana secara efektif dan efesien.
2. Prinsip-prinsip penyusunan RPP
Dalam penyusunan
RPP yang tidak boleh terklupakan adalah prinsip-prinsipnya sebagai berikut :
a.
Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
b.
Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
c.
Mengembangkan budaya membaca
dan menulis
d.
Memberikan umpan balik dan
tindak lanjut
e.
Terkaitan dan keterpaduan
f.
Menerapkan teknologi informasi
dan komunikasi
3. Pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran
merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
a.
Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
1)
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)
Mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3)
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
4)
Menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
b.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti dilakukan
proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpasrtisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreatifitas, dan kemandirian, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan
fisik serta psikologis peserta didik. Dalam kegiatan ini menggunakan metode
yang meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1)
Bersama-sama dengan peserta
didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)
Melakukan penilaian (refleksi)
terhadap kegiatan yang sudah dilaksakan secara konsisten dan terprogram.
3)
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4)
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling/
memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
5)
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4. Penilaian hasil pembelajaran
Penilaian
dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajara. Penilaian dilakukan
secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dan non tes
dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan
kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya, berupa tugas, proyek atau
produk, portofolio dan penilaian diri. Penilaian hasil pembelajaran menggunakan
Standar Penilaian Pendidikan .
BAHAN AJAR
Kelas : 5
Tema : Kerukunan dalam Bermasyarakat
Sub Tema :
Bentuk-bentuk Kerukunan
Instrumen Penilaian
Kelas : 5
Tema : Kerukunan dalam Bermasyarakat
Sub Tema : Bentuk-bentuk Kerukunan
a.
Penilaian
Sikap
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
|||||||||||||||||||||
Kemandirian
|
Kerjasama
|
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
Siti
|
||||||||||||||||||||||
2
|
Imas
|
||||||||||||||||||||||
3
|
Ahmad
|
||||||||||||||||||||||
c.
Penilaian
Pengetahuan
Tes Tertulis :
Siswa SDN 2 Lembursawah selalu hidup
rukun. Suatu hari mereka bekerja sama membersihkan sampah. Di halaman sekolah
terdapat 36 siswa. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan
adalah 5 : 4.
-
Berapa banyak siswa perempuan?
-
Berapa banyak siswa laki-laki ?
Format Penilaian......
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
Siti
|
…
|
2
|
Imas
|
…
|
3
|
Ahmad
|
…
|
a. Mahir
b. Menguasai
c. Pintar
d. Sangat pintar
1) Penilaian Sikap
(menghargai, teliti)
No
|
Nama Siswa
|
Teliti*)
|
Bertanggung jawab*)
|
Ket
|
||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
a
|
b
|
c
|
d
|
|||
1
|
Ahmad
|
|||||||||
2
|
Lia kurniasih
|
|||||||||
3
|
Laela sari
|
|||||||||
4
|
Udun
|
Catatan
*) :
a = belum terlihat
b = mulai terlihat
c = mulai berkembang
d = membudaya
Setelah
penyusun melaksanakan kegiatan Penyusunana Perangkat Pembelajaran,penyusun
telah dapat meningkat dalam halkompetensi paedagogik.
D.KAJIAN 9 ASPEK MANAGERIAL
Sekolah Sendiri
a.
Kajian RKS SDN 2
LEMBURSAWAH
Sebagai manajer,
kepala sekolah diharapkan mau dan mampu mendayagunakan sumber daya sekolah
dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan mencapai tujuan yang ditetapkan. Kepala
sekolah tentu tidak sanggup menyusun rencana program kegiatan sekolah yang baik
hanya seorang diri. Untuk itu, dalam penyusunan rencana kerja sekolah, kepala
sekolah harus mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan
di sekolah, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Keterlibatan secara
langsung, dapat dikatakan mereka masuk ke dalam anggota tim penyusun rencana
kerja sekolah.
EDS belum disusun secara maksimal dan
belum rutin setiap tahun. Penyusunannya belum melibatkan Tim Pengembang Sekolah
dan baru dibuat satu kali pada saat akan dilaksanakan Akreditasi. EDS belum
disusun secara maksimal. Penyusunannya belum melibatkan Tim Pengembang Sekolah
dan belum dilaksanakan setiap tahun. Oleh karena itu sekolah diharapkan
menyusun EDS setiap satu tahun. Hal ini bertujuan agar sekolah mengetahui
kelebihan dan kekurangan sekolah, serta mengetahui keberhasilan dan ketidak
berhasilan sekolah dalam menggarap RKS
selama satu tahun, sehingga dapat menentukan Rencana Kerja Sekolah pada
tahun berikutnya.
EDS belum dijadikan sebagai bahan acuan
untuk menyusun Rencana Kerja Sekolah/RKS (RKJM, RKT, RKAS), karena EDS belum dibuat
setiap tahun. Meskipun EDS belum dijadikan sebagai bahan acuan, namun Rencana
Kerja Sekolah/RKS tetap disusun sesuai dengan kebutuhan sekolah pada saat itu. Dengan demikian, RKS akan lebih
tepat sasaran apabila mengacu pada EDS, karena akan lebih mudah dalam
mengevaluasinya dan akan lebih jelas
membaca perkembangannya dari tahun ke tahun.
Penyusunan RKJM, RKS, dan RKAS dilakukan
oleh Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, dan tokoh masyarakat yang peduli
pendidikan melalui musyawarah. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan 8
Standar Nasional Pendidikan. Pada akhirnya sekolah menyusun skala prioritas program
sekolah. Menuangkan program yang akan dilaksanakan ke dalam Rencana Kerja
Jangka Menengah (RKJM) untuk 4 tahun ke depan. Semua rencana pengembangan
sekolah harus disesuaikan dengan visi,
misi dan tujuan sekolah, serta sumber daya dan sumber dana yang dimiliki.
Dokumen kelengkapan RKS yang ada antara
lain EDS, RKJM, RKT dan RKAS. RKAS disusun belum
berdasarkan rekomendasi pada instrument EDS, sehingga belum sepenuhnya disusun
untuk perbaikan/ peningkatan
indikator pada 8 SNP. RKS dituangkan dalam RKJM, RKT, dan RKAS yang dilakukan
dengan pemilihan rencana prioritas disesuaikan dengan visi, misi, tujuan
sekolah, SDM, dan
waktu, serta dana untuk mewujudkannya.
Sekolah
melakukan evaluasi diri pelaksanaan RKS setiap akhir tahun tetapi hasil
Evaluasi Diri Sekolah belum dimuat dalam instrument EDS. Sekolah baru menyiapkan Instrumen EDS yang
terdiri dari 8 SNP yang dijabarkan dalam 26 komponen dan 60 indikator. Untuk
pelaporan, sekolah menyusun rekomendasi dalam Instrumen EDS tentang
keberhasilan/ketidakberhasilan RKS,
sehingga penyusunan RKS tahun berikutnya belum disusun berdasarkan EDS.
Oleh karena itu sekolah sebaiknya melaksanakan EDS secara rinci per indikator
setiap tahun, agar mempermudah dalam penyusunan RKS tahun berikutnya dan dapat
melihat perkembangan sekolah dari tahun ke tahun.
b. KajianPengelolaan Keuangan
Sekolah
Melalui kegiatan manajemen keuangan maka kebutuhan
pendanaan kegiatan sekolah dapat direncanakan, diupayakan pengadaannya,
dibukukan secara transparan, dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program
sekolah secara efektif dan efisien.
Manajemen keuangan sekolah perlu memperhatikan
sejumlah prinsip. Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 48 menyatakan bahwa
pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi,
dan akuntabilitas publik. Disamping itu prinsip efektivitas juga perlu mendapat
penekanan.
Sekolah sudah memiliki
Program Perencanaan Pengelolaan Keuangan Sekolah sesuai standart keuangan di
SNP.
Sumber Keuangan Sekolah
terdiri dari :
1) Dana BOS Pusat sebesar Rp 580.000/ siswa/ tahun
Berdasarkan Buku
Panduan BOS tahun 2014, dana BOS dapat digunakan untuk membiayai Pengembangan
Perpustakaan, Kegiatan dalam rangka penerimaan peserta didik baru, Kegiatan
pembelajaran dan ekstra kurikuler peserta didik, Kegiatan Ulangan dan Ujian, Pembelian bahan
habis pakai, Pembiayaan langganan daya
dan jasa, Pembiayaan perawatan sekolah, Pembiayaan
honorarium bulanan guru
dan tenaga kependidikan honorer,
Membantu peserta didik miskin, Pembiayaan pengelolaan BOS, Pembelian dan
perawatan perangkat komputer, dan Biaya lainnya jika seluruh komponen 1 s.d 12
telah terpenuhi pendanaannya dari BOS. Pembelian Laptop tidak tercantum dalam
buku Panduan BOS, padahal Laptop sangat dibutuhkan, oleh karena itu perlu
mengupayakan pembelian laptop.
2).Dana BOS Propinsi dialokasikan untuk kebutuhan
sekolah yang tidak dapat dipenuhi dari dana BOS Pusat.
Rencana pengelolaan keuangan disusun
dalam RKAS, berdasarkan RKS/ RKJM dan disusun oleh Kepala Sekolah dan seluruh
guru serta melibatkan Komite Sekolah. RKAS disosialisasikan kepada semua warga
sekolah dan disahkan oleh Kepala Sekolah
dan Bendahara. Program pengelolaan
keuangan dilakukan dengan transparan. Dokumen Keuangan(Pembukuan dan dokumen lain yg sesuai / relevan)
Dokumen Keuangan Sekolah meliputi : RKS, RKAS, Bukti fisik
pengeluaran: Nota, kwitansi, faktur, Buku kas umum dan buku pembantu kas, Buku pembantu bank, Buku
pembantu pajak, dan Laporan keuangan setiap triwulan.
Setiap transaksi keuangan baik
penerimaan maupun pengeluaran disertai dengan bukti yang sah, ditandatangani
oleh Bendahara dan disetujui oleh Kepala Sekolah dan dicatat dalam Buku
Pembantu Kas Tunai dan Buku Kas Umum. Buku Kas ditutup setiap akhir bulan
dengan ditandatangani oleh Bendahara dan disetujui oleh Kepala Sekolah. Laporan
Keuangan ditutup setiap 3 bulan sekali dengan menyertakan buku kas umum, buku
pembantu kas, buku pembantu pajak, buku pembantu bank, dan semua bukti
pengeluaran (Nota, kwitansi, faktur). Pertanggungjawaban dana diserahkan kepada
pejabat yang berwenang. Dana
dari pemerinta dipertanggungjawabkan kepada Pemerintah .Sekolah tidak memiliki dana mandiri dan
swadaya masyarakat.
Evaluasi penggunaan keuangan dilakukan
dengan cara mencocokkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dengan
penggunaan anggaran sebenarnya yang dicatat dalam Buku Kas dan dibuktikan
dengan nota, faktur, dan kwitansi. Menyusun laporan hasil monev pengelolaan
keuangan untuk bahan pertimbangan dan
kajian dalam menyusun RKAS pada tahun berikutnya, menyusun laporan
keuangan per kegiatan oleh bendahara BOS dan menyusun laporan keuangan setiap bulan secara
rutin, ditandatangan oleh Bendahara dan Kepala Sekolah.
Dalam
penggunaan keuangan sekolah yang belum relevan dengan perencanaan,
sehbingga sekolah perlu mengupayakan
penggunaan keuangan disesuaikan dengan RKAS.
c. Kajian Pengelolaan PTK
Pendidik dan tenaga
kependidikan yang dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing secara
baik sangat terkait dengan kompetensi yang mereka miliki.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional (permendiknas) yang mengatur tentang standar pendidik dan
tenaga kependidikan adalah nomor 12 tahun 2007 tentang standar pengawas
sekolah, nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah, nomor 16 tahun
2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, nomor 24 tahun
2008 tentang standar tenaga administrasi sekolah, nomor 25 tahun 2008 tentang
tenaga perpustakaan, nomor 26 tahun 2008 tentang standar tenaga laboratorium
sekolah dan nomor 27 tahun 2008 tentang standar kualifikasi dan kompetensi
konselor.
Seorang calon
kepala sekolah diharapkan dapat memahami dan menguasai untuk mengelola pendidik
dan tenaga kependidikan sekolah. Mengkaji pengelolaan pendidik dan tenaga
kependidikan sekolah tempat magang pada kegiatan on the job learning
(OJL) bertujuan untuk melatih calon kepala sekolah mengembangkan dimensi
kompetensi manajerial khususnya kompetensi mengelola guru dan staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
Sekolah menyusun perencanaan tentang kebutuhan tenaga
Pendidik dan Tenagakependidikan.
Sesuai dengan Permendiknas
No.13 Th 2007 di SDN 2
Lembursawah Kepala Sekolah memenuhi
kriteria, yaitu memiliki kualifikasi akademik S1 dari perguruan tinggi
terakreditasi, memiliki pangkat pembina dengan golongan IV/a, memiliki SK
sebagai guru SD, memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SD, memiliki SK
sebagai kepala sekolah, memiliki
pengalaman mengajar sekurang- kurangnya 5 tahun di SD, memiliki kompetensi
kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan social, tetapi tidak
memilki sertifikat sebagai kepala Sekolah.
Di SDN 2 Lembursawah guru memiliki kualifikasi akademik S1 dari perguruan tinggi
terakreditasi. Mengajar sesuai latar belakang pendidikannya dengan rentetan
kegiatan yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
(Kompetensi pedagogik), memiliki kompetensi kepribadian yang baik, kompetensi
sosial (mampu berkomunikasi secara efektif dan santun sesama guru, tenaga
administrasi dan orang tua siswa) dan
kompetensi professional (penguasaan
materi pelajaran). Guru Kelas I
s/d VI memiliki beban mengajar 24 jam
pelajaran per minggu.
Kepala Sekolah telah
mengangkat tenaga honorer sebagai operator sekolah,sehingga dalam pembuatan
administrasi dilaksanakan oleh tenaga operator walaupun tidak sepenuhnya.
Sekolah tidak memiliki tenaga
perpustakaan sehingga guru merangkap sebagai tenaga perpustakaan,sehingga
mengusulkan kepada kepala sekolah agar mengangkat tenaga honorer perpustakaan.
Pendidik yang ada di SDN 2 Lembursawah adalah sudah memenuhi ketentuan dengan jumlah yang sesuai dengan
kebutuhan. Pelaksana
urusan administrasi umum sudah ada operator.
Penjaga sekolah merangkap sebagai petugas layanan khusus.
Kepala Sekolah memiliki
kompetensi kepribadian, kewirausahaan, supervisi, sosial
dan manajerial sedang guru memiliki kompetensi: pedagogik, kepribadian,
profesional dan sosial.
Sekolah menyusun Orientasi Tugas
Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Tata Kerja PTK.
Administrasi
PTK cukup lengkap antara lain Buku Pokok Guru, DUK, DP3, Data Pribadi, Daftar
usulan kenaikan pangkat, Absensi, Program masing –masing bidang dan
Administrasi terkait tugasnya masing masing.
Penilaian/Evaluasi Kinerja
PTK dilakukan dengan cara menyusun program, jadwal instrument penilaian, dan
melaksanakan serta menyusun hasil kegiatan Evaluasi kinerja PTK.
Sekolah menyusun rencana dan
melaksanakan Pembinaan PTK. Sekolah juga merencanakan dan melaksanakan
Pengembangan PTK. Tetapi belum dilaksanakan secara kontinue. Sekolah
menyusun dan menerapkan Tata Tertib dan Kode Etik Guru serta sekolah membuat pelaporan PTK setiap bulan.
d.
Kajian Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah
Permendiknas
tersebut ditetapkan bahwa Tenaga Administrasi Sekolah perlu memiliki 4
kompetensi, yaitu: (1) Kompetensi Kepribadian, (2) Kompetensi Sosial, (3)
Kompetensi Teknis Administrasi Sekolah, dan (4) Kompetensi Manajerial
Ketatausahaan Sekolah. Guna menjamin terselenggaranya administrasi sekolah yang
baik Kepala Sekolah harus melakukan pembinaan berkelanjutan kepada tenaga
administrasi sekolah melalui berbagai media, kesempatan, dan cara-cara yang
simpatik.
Salah satu tugas
Kepala Sekolah adalah memastikan bahwa administrasi sekolah dapat dilaksanakan
dengan baik dalam rangka menunjang pembuatan kebijakan dan pengambilan
keputusan yang tepat, penyusunan rencana kerja sekolah, pelaksanaan
pembelajaran, dan pelaporan kinerja sekolah. Tugas-tugas administrasi tersebut
dapat dilaksanakan dengan baik apabila sekolah memiliki Tenaga Administrasi
Sekolah (TAS) yang memenuhi standar, seperti tertuang dalam Permendiknas Nomor
24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah.
Mengkaji pembinaan
tenaga administrasi sekolah tempat magang pada kegiatan on the job learning
(OJL) bertujuan untuk melatih calon kepala sekolah mengembangkan dimensi
kompetensi manajerial khususnya kompetensi mengelola staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
Sekolah belum memiliki Program Kerja
TAS, namun semua penyelesaian administrasi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan
guru. Oleh krena itu kepala sekolah agar mengangkat tenaga honorer administrasi
yang terdiri dari: Kepala TAS, Pelaksana Urusan dan Petugas Layanan Khusus Sekolah tidak memiliki Kepala TAS SD hanya memiliki Petugas
layanan khusus (Pesuruh honorer) dengan
kualifikasi pendidikan S1.
Sekolah tidak
memiliki Kepala TAS dan pelaksana urusan,
hanya terdapat Petugas layanan khusus yaitu Operator honorer. Tugas
tenaga administrasi sekolah terhadap pekerjaan yg ada secara idealnyasudah cukup mampu melaksanakan
tugasnya sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Penjaga sekolah mengerjakan semua tugas
pesuruh.
Pembinaan TAS belum terprogram secara kontineu, untuk pembinaan kepada pelaksana urusan,
mengikuti instruksi dan pembinaan baik dari tingkat UPT maupun Dinas Pendidikan Kabupaten. Sekolah belum pernah
ada rencana maupun pelaksanaan pengembangan TAS.
Evaluasi/Penilaian Kinerja TAS hanya
dilakukan oleh Kepala Sekolah sesuai
dengan kebutuhan.
Pelaporan tentang hasil kerja TAS
mengikuti program dari UPTD
atau Dinas Kabupaten.
e.
Kajian Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah
Keberhasilan program
pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak
faktor, salah satu di antaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana
pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal.
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting
dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu
dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya, agar tujuan yang
diharapkan dapat tercapai.
Dewasa ini masih sering
ditemukan banyak sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki oleh sekolah
yang diterima sebagai bantuan, baik dari pemerintah maupun masyarakat yang
tidak optimal penggunaannya dan bahkan tidak dapat lagi digunakan sesuai dengan
fungsinya. Hal itu disebabkan antara lain oleh kurangnya kepedulian terhadap
sarana dan prasarana yang dimiliki serta tidak adanya pengelolaan yang memadai.
Standar sarana dan prasarana untuk
SD/MI, SMP/MTs, mencakup kriteria minimum sarana dan kriteria minimum
prasarana. Hal ini tertuang dengan jelas pada permen 24 tahun 2007, dengan
standar inilah segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs
seharusnya ada, berfungsi, cukup dalam jumlah dan memenuhi spesifikasi untuk
menunjang proses belajar tersebut. Sedangkan bagi penyelenggaraan pendidikan
bagi satu kelompok pemukiman permanen dan terpencil yang penduduknya kurang
dari 1000 (seribu) jiwa dan yang tidak bisa dihubungkan dengan kelompok yang
lain dalam jarak tempuh 3 (tiga) kilo meter melalui lintasan jalan kaki yang
tidak membahayakan dapat menyimpangi standar sarana dan prasarana sebagaimana
diatur dalam Peraturan Menteri ini.
Untuk itu diperlukan Kepala
Sekolah yang mampu dan memahami tentang manajemen sarana dan prasarana
pendidikan persekolahan berbasis sekolah. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang
telah digariskan oleh Kemendikbud
tentang standar kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala
Sekolah, salah satu di antaranya adalah dimensi kompetensi manajerial. Dalam
hal ini Kepala Sekolah harus memiliki kemampuan mengelola sarana dan prasarana
sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
Sekolah memiliki perencanaan program
sarana prasarana.
Sekolah memiliki Program Pengadaan
Sarana dan Prasarana dan Tim Pengadaan Sarpras/Tim Belanja. Mekanisme Pengadaan
Sarpras sesuai ketentuan.
Perbaikan dan perawatan sarana dan
prasarana dilaksanakan dengan mengaau program yang jelas. Perbaikan dan perwatan
sesuai dengan program.
Pemberdayaan sarana dan prsarana dilaksanakan
sesuai dengan program pemberdayaan yang
telah disusun.
Penghapusan barang dilaksanakan sesuai
dengan program dari Dinas Pendidikan Kota.
Penginventarisasi Sarana dan prasarana
dilakukan dengan mencatat barang di buku inventaris oleh salah seorang guru
yang diberi tugas oleh Kepala Sekolah dan merekap barang inventaris sesuai
jenis dan jumlahnya, tetapi belum melakukan penomoran pada barang inventaris
sesuai jenis dan tahun pengadaan. Upaya yang dilakukan adalah memberdayakan
guru kelas dan penanggung jawab ruangan untuk penomoran inventaris barang.
Pelaporan sarpras dilakukan secara
berkala oleh petugas inventaris yang memuat semua jenis barang inventaris yang
dilengkapi dengan jumlah dan keadaan barang. Pelaporan disampaikan kepada Dinas
Pendidikan.
f. Kajian Pengelolaan Kurikulum
Kurikulum merupakan
komponen sistem pendidikan yang paling rentan
terhadap perubahan. Paling tidak ada tiga faktor yang membuat kurikulum harus
selalu dirubah atau diperbaharui. Pertama, karena adanya perubahan filosofi tentang manusia dan pendidikan, khususnya
mengenai hakikat kebutuhan peserta
didik terhadap pendidikan/pembelajaran. Kedua, cara karena cepatnya
perkembangan ilmu dan teknologi sehingga materi
pembelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik pun semakin banyak
dan berragam. Ketiga, adanya perubahan masyarakat, baik secara sosial, politik,
ekonomi, mau pun daya dukung lingkungan alam, baik pada tingkat lokal maupun
global.
Seorang calon kepala sekolah diharapkan dapat memahami
pengelolaan kurikulum sekolah sehingga pada saatnya nanti setelah menjadi
kepala sekolah sudah dapat mengelola kurikulum sekolahnya dengan baik.
Kurikulum sekolah disusun oleh Tim
Pengembang Kurikulum (TPK) sekolah dan disetujui dalam rapat dewan guru.
Pengesahan dilakukan oleh Ketua Komite dan Kepala Dinas Pendidikan Kota. Di
dalamnya berisi visi, misi dan tujuan sekolah. Selain itu terdapat struktur
kurikulum yang dan tidak melebihi 36 jam pelajaran tiap bidang studi. Kurikulum disusun
berdasarkan kebutuhan sekolah (visi,
misi, tujuan) yang disusun
berdasarkan Standar Isi.
Muatan lokal sudah sesuai dengan karakter dan potensi daerah
karena materi muatan
lokalnya berorientasi kepada lingkungan sekitar,
sehingga muatan lokal sangat
mendukung proses pembelajaran
Pembinaan kegiatan pengembangan diri
siswa sesuai dengan karakteristik, potensi, minat dan bakat serta kondisi
sekolah. Materi
pengembangan diri disesuaikan dengan minat dan bakat siswa untuk memotivasi
semangat belajar siswa.
Dokumen I memiliki kelengkapan sebagai berikut :Visi, Misi, tujuan sekolah, struktur kurikulum
yang disusun berdasarkan kebutuhan sekolah mengacu standar isi, jumlah jam
pelajaran 36 jam, muatan lokal
sebagai muatan lokal potensi daerah, ada pengembangan diri,
ketuntasan belajar,
kriteria kenaikan kelas,
kriteria kelulusan,dan kalender
pendidikan.
Silabus Memuat identitas : Nama sekolah, mata pelajaran, kelas/ semester,
SK, dan alokasi waktu. Komponen silabus disusun telah memuat KD,
Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi,
Penilaian, alokasi waktu, sumber belajar memuat Nama sekolah, mata
pelajaran, kelas/semester, SK, dan Alokasi waktu. Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan
SI, SKL, dan Panduan penyusunan Kurikulum, tetapi tidak semua guru paham dan mampu mengembangkan silabus
terutama pada pengembangan indikator dan pengembangan kegiatan belajar,
sehingga sekolah perlu memperkenalkan penyusunan silabus mulai dari menentukan
indikator berdasarkan KD, dan kegiatan belajar, melalui workshop atau pelatihan penyusunan silabus.
Pengembangan
silabus tidak disusun di bawah supervisi Dinas Pendidikan,
tetapi melalui pengarahan/pembinaan
pengawas sekolah setempat, melalui kegiatan KKG
sehingga pihak sekolah perlu mengajukan
permohonan kepada Dinas Pendidikan Kabupatenmelalui UPTD Kecamatana untuk
mendapat pembinaan langsung tentang penyusunan silabus supaya terbentuk
komitmen yang sama.
RPP Disusun
untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih
proses editing.
RPP memuat identitas
nama satuan pendidikan, kelas, semester, Tema,
Sub Tema, KD, Indikator,
alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran (penduhuluan,
inti, penutup), penilaian hasil belajar dan sumber belajar. Identitas memuat nama
satuan pendidikan, kelas, semester, Tema,
Sub Tema, jumlah pertemuan. Kompetensi Dasar
(KD) sesuai dengan standar Isi. Indikator sesuai dengan indikator pada silabus.
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Cakupan materi
sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Metode pembelajaran sesuai dengan
karakteristik dari indikator dan kompetensi yang akan dicapai pada setiap mata
pelajaran. Kegiatan pembelajaran terbagi kedalam kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup. Kegiatan pembelajaran terbagi kedalam kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup Penilaian hasil belajar mengacu kepada standar penilaianPenentuan
sumber belajar didasarkan pada KD, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian
g.
Kajian Pengelolaan Peserta Didik
Tujuan umum manajemen
peserta didik adalah: mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar
kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses belajar mengajar di sekolah; lebih
lanjut, proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar, tertib dan
teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan
tujuan pendidikan secara keseluruhan.Penerimaan Peserta Didik dilaksanakan sesuai perencanaan,
dengan diawali pembentukkan panitia PPDB, rapat kerja pembagian tugas dan
proses pendaftaran. Proses
penerimaan peserta didik baru, tidak melalui proses seleksi, penentuan calon
terpilih, dan daftar ulang.
Pelaksanakan
proses seleksi penerimaan peserta didik baru
dilakukan secara sederhana/ disesuaikan dengan situasi dan kondisi
lingkungan setempat, tetapi pelaksanaan PPDB merujuk pada SPM pendidikan dasar
dengan jumlah peserta didik maksimal 28 siswa per kelas. organisasi peserta
didik.
Sekolah melakukan orientasi
peserta didik yang bersifat akademik, mengatur kehadiran dan ketidak hadiran peserta
didik,mengatur evaluasi peserta didik,mengatur kenaikan kelas, mutasi dan drop out ,mengatur kode etik dan peningkatan disiplin peserta didik,
mengatur organisasi peserta didik.
Layanan
bimbingan konseling dilaksanakan oleh guru kelas masing-masing, walaupun bukan
ahli, sehingga sekolah perlua mengadakan pembimbingan guru kelas dalam proses
layanan bimbingan dan konseling dan Memotivasi guru untuk menambah wawasan
tentang bimbingan dan konseling,melaksanakan
kegiatan ekstra dan kokurikuler untuk peserta didik.
Program evaluasi terhadap peserta didik
disusun dan disosialisasi kepada seluruh siswa. Kemudian di laksanakan evaluasi
dan mekanisme penentuan penilaian terhadap evaluasi peserta didik. Hasil evaluasi
peserta didik dilaporkan kepada orang
tua dan UPT Dinas Pendidikan.
Pembinaan Prestasi disusun dalam program pembinaan prestasi unggulan
h.
Kajian Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Seiring dengan diterapkannya kebijakan
otonomi daerah, pengelolaan pendidikan pada tingkat sekolah juga mengalami
perubahan mendasar melalui gagasan penerapan pendekatan Manajemen Berbasis
Sekolah (MBS) yang dianggap sebagai paradigma baru dalam pengoperasian sekolah.
Pendekatan ini memberi peran yang lebih luas kepada sekolah. Dengan kata lain,
pendekatan ini memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah sehingga manajemen
sekolah memiliki kewenangan yang lebih besar dalam mengelola
sekolahnya, sehingga sekolah lebih mandiri. Untuk itu, MBS bertujuan untuk
meningkatkan semua kinerja sekolah (efektivitas, kualitas/mutu, efisiensi,
inovasi, relevansi, dan pemerataan serta akses pendidikan dalam rangka
peningkatan mutu.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut di
atas, penerapan TIK perlu dipertimbangkan untuk membantu pelaksanaan manajemen
sekolah yang lebih efektif dan efisien. Ruud (2005) menunjuk bahwa investasi
TIK di sekolah-sekolah yang kemudian diikuti dengan pengembangan kompetensi
guru dan siswa dalam bidang TIK dapat memperbaiki efektifitas pengelolaan
sekolah serta meningkatkan kinerja (performance)
akademik tenaga kependidikan dan peserta didik. Hal ini dapat dipahami karena
penerapan TIK di sekolah akan memberikan kontribusi langsung kepada peningkatan
proses manajemen dan administrasi, peluang untuk mengembangkan bahan ajar dan
belajar mandiri, motivator bagi siswa untuk mengembangkan kemampuannya, dan
sebagai alat untuk pengembangan profesi dan mekanisme inovasi dalam sistem
monitoring dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran.
Seorang calon
kepala sekolah diharapkan dapat memahami dan menguasai untuk mengelola pendidik
dan tenaga kependidikan sekolah. Mengkaji pengelolaan pendidik dan tenaga
kependidikan sekolah tempat magang pada kegiatan on the job learning
(OJL) bertujuan untuk melatih calon kepala sekolah mengembangkan dimensi
kompetensi manajerial khususnya kompetensi mengelola guru dan staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
Sekolah memilki sarana pembelajaran
berbasis TIK, antara lain 1 buah televisi, 1 buah Radio, 1 buah Tape recorder, 1 buah VCD / DVD Player, 3 unit
Komputer, 3buah laptop,1 projektor LCD, jaringan internet dan berlangganan koran. Mengingat pentingnya sarana untuk pengerjaan
administrasi yang bersifat online dan
untuk pembelajaran.
Infrastruktur yang ada di sekolah hanya ruang guru , sedang praktek yang berhubungan dengan TIK, multi
media dan IPA dilaksanakan di kelaas
masing-masing. Sekolah sedang mengupayakan pembangunan gedungnya.
Hanya beberapa orang guru yang bisa
mengoperasikan komputer dengan baik, sehingga kepala sekolah diharapkan dapat
memotivasi guru supaya lebih bersemangat dalam pelatihan penggunaan media TIK,
yang berdampak meningkatnya kualitas pembelajaran.
Media TIK yang sering digunakan dalam
pembelajaran adalah Tape Recorder, sedangkan Media TIK yang seperti TV Edukasi,
OHP/LCD, Proyektor,
Kompter/Laptop, Internet, Televisi dan radio masih jarang digunakan, oleh
karena itu sekolah perlu memprogramkan pembinaan dan pelatihan penggunaan TIK
bagi guru.
Program pengembangan TIK di sekolah
anatara lain merencanakan
ü Ruang
Kelas ada computer dan LCD serta TV
ü KBM
berbasis IT
ü Guru
memanfaatkan Internet dalam pembelajaran.
ü Adanya
program rehab prasarana ruang seluruh laborat yang ada, perpustakaan dan kelas
untuk siap dipakai sebagai ruangan pembelajaran berbasis IT.
ü Adanya
program penambahan alat alat IT dalam pembelajaran.
ü Adanya
program perawatan alat alat IT dalam pembelajaran.
i.
Monitoring dan Evaluasi
Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
sejauh ini proses pembelajaran di kelas seolah-olah masih merupakan otoritas
sepenuhnya pada gu-ru. Hampir tidak ada pihak luar yang peduli, memerhatikan
serta mencermati pelaksanaan pembelajaran guru dihadapan siswanya. Bahkan
sering dikatakan bahwa pekerjaan guru adalah merupakan profesi yang tidak dapat
dilihat oleh orang lain, kecuali klien (siswa). Apabila ada pihak lain, baik
itu pengawas, kepala sekolah, apa lagi
sesama guru yang ingin tahu bagaimana seorang guru mengajar, maka hal
ini dianggap tabu dan bisa dikatakan tidak percaya kepada seorang guru.
Hal ini tentu dipengaruhi oleh budaya
tertutup yang melingkupi iklim kerja di sekolah-sekolah. Oleh karena itu walau
pun kepala sekolah dan pe-ngawas (supervisor) memiliki kewenangan untuk
monitoring dan menilai ki-nerja guru dalam pembelajaran, namun hal ini kurang
maksimal dilakukan. Penilaian
kinerja guru sering hanya diukur dari administrasi pembelajaran yang ditulis.
Kunjungan kelas seakan masih merupakan formalitas, atau bah-kan hanya dilakukan
bila seorang guru dianggap bermasalah.
Ada enam dimensi
kompetensi yang harus dikuasai pengawas sekolah yakni: (a) kompetensi
kepribadian, (b) kompetensi supervisi manajerial, (c) kompetensi supervisi akademik, (d) kompetensi evaluasi pendidikan, (e)
kom-petensi penelitian dan pengembangan, dan (f) kompetensi sosial. Dari
hasil uji kompetensi di beberapa daerah menunjukkan kompetensi pengawas
seko-lah masih perlu ditingkatkan terutama dimensi kompetensi supervisi
manaje-rial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, dan kompetensi penelitian
dan pengembangan. Untuk itu diperlukan adanya diklat peningkatan kompetensi
pengawas sekolah baik bagi pengawas sekolah dalam jabatan, terlebih lagi bagi
para calon pengawas sekolah.
Sekolah
menyusun program pengawasan secara obyektif bertanggung jawab dan
berkelanjutan didasarkan pada Standar
Nasional Pendidikan, kemudian disosialisasikan ke seluruh pendidik dan tenaga
kependidikan.
Pengawasan pengelolan sekolah meliputi
pemantauan, supervise, evaluasi, pelaporan, dan tindak hasil pengawasan
sedangkan komite sekolah belum melakukan pemantauan. Oleh karena itu sekolah
mengupayakan agar komite sekolah secara teratur dan berkelanjutan pemantau
pengelolaan sekolah.
Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/
madrasah
Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap
kinerja sekolah dengan menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai, kinerja, dan melakukan
perbaikan dalam rangka pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan. Sekolah melaksanakan
evaluasi pembelajaran dan program kerja secara periodic
281
|
Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Proses evaluasi dan
pengembangan Kurikulum
diaksanakan secara komprehensif dan fleksibel, berkala, integratif dan
monolitik, menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak meliputi : Dewan Pendidikan, Komite Sekolah, Pemakai
Lulusan dan Alumni.
Guru melaporkan hasil evaluasi dan
penilaian setiap akhir semester tetapi kepala sekolah tidak melaporkan hasil
evaluasi kepada komite dan pihak-pihak lain. Sekolah melaporkan hasil evaluasi hanya kepada UPTD
Kecamatan atau ke Dinas pendidikan
Sekolah mendokumentasikan dan
menggunakan hasil pemantauan, supervisi, dan pelaporan serta catatan tindak lanjut
untuk memperbaiki kinerja sekolah dengan monitoring keberadaan dan kontinuitas
tata laksana kelas secara lengkap.
b. Di sekolah Magang (SDN 1 CIMAHI)
E.
PENINGKATAN
KOMPETENSI BERDASARKAN AKPK YANG KURANG Di Sekolah Magang
Untuk lebih
meningkatkan kompetensi penulis pada dimensi sosial di SDN I Cimahi maka penulis mengadakan
wawancara dengan kepala sekolah SDN 1 Cimahi yang dipimpin oleh Dede Sujatma, SPd. bahwa informasi
yang telah saya dapat tentang kegiatan sosial yang dilakukan di sekolah tersebut adalah
kegiatan menyantuni anak yatim yang rutin dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
Hasil dari wawancara dengan Kepala Sekolah adalah
sebagai berikut :
1.
Menghubungi
Kepala Sekolah
Mendatangi Kepala Sekolah SDN 1 Cimahi memohon ijin
untk menggali imformasi mengenai Kompetensi Sosial sesuai dengan kelemahan
penulis berdasarkan
hasil AKPK kurang sesuai dengan yang diharapkan
2.
Mengidentifikasi
topik yang
sesuai dengan kelemahan AKPK
Penulis memohon bantuan untuk memilih topic kegiatan social yang telah
di laksanakan
oleh SDN 1 Cimahi yaitu memberikan santunan kepada siswa
yang kurang mampu
3.
Pelaksanaan
Kegiatan
Menggali informasi kegiatan topik yang digali menggunakan teknik
wawancara, kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin
tanggal dua puluh sembilan
bulan september bertempat di SDN
1 Cimahi
4.
Hasil Kegiatan.
Hasil dari kegiatan wawancara tersebut di atas adalah sebagai berkut .
a. Rancangan
Kegiatan
Pada tahap rancangan
kegiatan dilakukan penyusunan struktur organisasi kepengelolaan kegiatan sosial
yang akan digunakan pada tahap pelaksanaan kegiatan, yaitu :
1) Ketua
2) Sekertaris
3) Bendahara
4) Anggota
Kegiatan yang dilaksanakan sebelum
pelaksanaan kegiatan adalah mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di
SDN 1 Cimahi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil
identifikasi dari tim yang terbentuk maka barulah mereka melakukan kegiatan
sosial yang telah dirancang sebelumnya.
b. Pelaksanaan
Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan pada pelaksanaan
yaitu melakukan kegiatan dana santunan sosial hasil identifikasi kompetensi
yang dianggap rendah atau tidak memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan
dalam permendiknas nomor 24 tahun 2008. Pelaksanaan kegiatan santunan
dilaksanakan bertahap sesuai dengan tema kegiatan yang dirancang sesuai
kebutuhan diantaranya :
1) Membuat
kotak amal sekolah
2) Mengumpulkan
sedekah / amal dari guru setiap bulannya
3) Membuat
amplop sedekah kepada orang tua murid yang mampu pada setiap bulan
c. Monitoring
dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan tindakan
Pada tahap monev pelaksanaan kegiatan,
tim yang terbentuk akan menentukan siapa yang akan diberikan santunan dengan
cara mengumpulkan data dari siswa yang tidak mampu di SDN 1 Cimahi, setelah data
terkumpul maka akan di evaluasi antara tim dengan kepala sekolah selaku
pimpinan.
c.
Hasil yang di peroleh
Berdasarkan analisis hasil pelaksanaan
kegiatan pengumpulan dana santunan sosial yang dilaksanakan melalui program
yang telah dibentuk adalah sebagai berikut:
Memperlihatkan
tingkat kompetensi sosial yang ada di SDN 1 Cimahi setelah terselenggaranya
kegiatan sosial menunjukan adanya hasil yang baik dalam upaya peningkatan kompetensi sosial penulis di
sekolah magang, maka program tersebut akan menjadi point yang akan penulis
pelajari untuk diaplikasikan disekolah induk yaitu di SDN 2 Lembursawah.
No comments:
Post a Comment