MATRIKS HASIL KAJIAN :
PENGELOLAAN KURIKULUM SEKOLAH
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
ALTERNATIF
SOLUSI PERMASALAHAN
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
A. Dokumen I
1. Kurikulum sekolah disusun oleh tim pengembang
kurikulum (TPK) sekolah.
2. Disetujui dalam rapat dewan guru.
3. Diketahui oleh Komite sekolah
4. Disahkan pemberlakuannya oleh Kepala Dinas
pendidikan Kabupaten.
5. Memiliki visi yang berisi gambaran masa depan
yang diinginkan sekolah
6. Memiliki misi yang menggambarkan
aksi/tindakan sekolah untuk mencapai visi sekolah
7. Terdapat tujuan sekolah yang menggambarkan
tahapan/langkah untuk mencapai visi dan misi sekolah
8. Terdapat struktur kurikulum yang disusun
berdasarkan kebutuhan sekolah (visi,misi,tujuan) yang disusun berdasarkan
Standar Isi
9. Tidak melebihi 36 jam pelajaran perminggu
10. Memiliki muatan lokal yang sesuai dengan
karakter dan potensi daerah.
11. Membina kegiatan pengembangan diri siswa
sesuai dengan karakteristik, potensi, minat dan bakat serta kondisi sekolah.
12. Mempunyai tabel ketuntasan belajar untuk
setiap mata pelajaran
13. Merumuskan kriteria kenaikan kelas sesuai
dengan kriteria yang diatur direktorat pembinaan terkait
14. Merumuskan kriteria kelulusan sesuai dengan
peraturan perundang-undangan yang berlaku
15. Terdapat kalender pendidikan yang disusun
berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan dan
memperhatikan kalender pendidikan yang ada di Standar Isi
B. Dokumen II
Silabus:
1.
Memuat identitas : Nama sekolah, mata pelajaran,
kelas/semester, SK, dan alokasi waktu
2.
Komponen silabus memuat KD, Materi Pembelajaran,
Kegiatan Pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi, Penilaian, alokasi
waktu, sumber belajar, nilai karakter.
3.
Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan
SI, SKL, dan Panduan penyusunan KTSP.
4.
Pengembangan silabus dilakukan oleh guru secara mandiri
atau bekelompok ( MGMP )
5.
Pengembangan silabus disusun di bawah supervisi Dinas
kabupaten
RPP:
1.
Disusun untuk setiap KD yang
dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
2.
Komponen RPP: identitas
matapelajaran, SK, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran,
materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembejaran
(penduhuluan, inti, penutup), penilaian hasil belajar dan sumber belajar
3. Identitas memuat nama satuan pendidikan, kelas, semester, program,
mata pelajaran, jumlah pertemuan.
4. Rumusan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
5. Indikator sesua dengan indikator pada silabus
6. Tujuan pembelajaran Menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
7. Cakupan materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
8. Metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari indikator dan
kompetensi yang akan dicapai pada setiap mata pelajaran
9. Kegiatan pembelajaran terbagi kedalam kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup.
10. Penilaian hasil belajar mengacu kepada standar penilaian
11. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK, KD, materi ajar,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
|
A. Dokumen I
1.
2. Tidak diajukan dalam rapat dewan guru untuk
persetujuan
3. Diketahui komite sekolah
4. Disahkan oleh kepala dinas pendidikan kab.
Sukabumi
5. Memiliki visi
6. Memiliki misi
7. Memiliki tujuan sekolah
8. struktur kurikulum yang disusun berdasarkan
kebutuhan sekolah mengacu standar isi
9. Jumlah jam pelajaran jam
10. Muatan local Fiqih
11. Ada pengembangan diri
-elektronika
- menjahit
12. Terdapat tabel ketuntasan relajar
13. Memiliki kriteria kenaikan kelas
14. memiliki kriteria kelulusan
15. Memiliki kalender pendidikan
B. Dokumen II
Silabus:
1. Memuat
identitas : Nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, SK, dan alokasi
waktu
2. Komponen
silabus memuat KD, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator
pencapaian kompetensi, Penilaian, alokasi waktu, sumber belajar, nilai
karakter.
3. Silabus
dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan SI, SKL, dan Panduan
penyusunan KTSP.
4. Pengembangan
silabus dilakukan oleh guru secara mandiri atau bekelompok ( KKG )
5. Pengembangan
silabus disusun di bawah supervisi Dinas kabupaten
RPP:
1. Disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali
pertemuan atau lebih.
2. Komponen RPP: identitas matapelajaran, SK, KD, indikator
pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu,
metode pembelajaran, kegiatan pembejaran (penduhuluan, inti, penutup),
penilaian hasil belajar dan sumber belajar
3. Identitas memuat nama satuan pendidikan, kelas, semester, program,
mata pelajaran, jumlah pertemuan.
4. Rumusan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
5. Indikator sesua dengan indikator pada silabus
6. Tujuan pembelajaran Menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
7. Cakupan materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
8. Metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari indikator dan
kompetensi yang akan dicapai pada setiap mata pelajaran
9. Kegiatan pembelajaran terbagi kedalam kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup.
10. Penilaian hasil belajar mengacu kepada standar penilaian
11. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK, KD, materi ajar,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
|
A. Dokumen I
1. Ada tim yang dibentuk untuk menyusun
kurikulum sekolah
2. Tidak diajukan dalam rapat dewan guru
untuk persetujuan
3. Diketahui komite sekolah
4. Disahkan oleh kepala dinas pendidikan
kab. Sukabumi
5. Memiliki visi
6. Memiliki misi
7. Memiliki tujuan sekolah
8. struktur kurikulum yang disusun
berdasarkan kebutuhan sekolah mengacu standar isi
9. Jumlah jam pelajaran jam
10. Muatan local …..
11. Ada pengembangan diri
12. Terdapat tabel ketuntasan relajar
13. Memiliki kriteria kenaikan kelas
14. memiliki kriteria kelulusan
15. Memiliki kalender pendidikan
B. Dokumen II
Silabus:
1. Memuat
identitas : Nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, SK, dan alokasi
waktu
2. Komponen
silabus memuat KD, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator
pencapaian kompetensi, Penilaian, alokasi waktu, sumber belajar, nilai
karakter.
3. Silabus
dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan SI, SKL, dan Panduan
penyusunan KTSP.
4. Pengembangan
silabus dilakukan oleh guru secara mandiri atau bekelompok (KKG)
5. Pengembangan
silabus disusun di bawah supervisi Dinas kabupaten
RPP:
1. Disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali
pertemuan atau lebih.
2. Komponen RPP: identitas matapelajaran, SK, KD, indikator
pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu,
metode pembelajaran, kegiatan pembejaran (penduhuluan, inti, penutup),
penilaian hasil belajar dan sumber belajar
3. Identitas memuat nama satuan pendidikan, kelas, semester, program,
mata pelajaran, jumlah pertemuan.
4. Rumusan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
5. Indikator sesua dengan indikator pada silabus
6. Tujuan pembelajaran Menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
7. Cakupan materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
8. Metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari indikator dan
kompetensi yang akan dicapai pada setiap mata pelajaran
9. Kegiatan pembelajaran terbagi kedalam kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup.
10. Penilaian hasil belajar mengacu kepada standar penilaian
11. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK, KD, materi ajar,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
|
1.
Kepala sekolah perlu
membentuk Tim Penyusun Kurikulum yang melibatkan seluruh terdiri dari guru
dan komite sekolah.
2.
Jumlah jam pelajaran ideal 36
jam perminggu, sekolah dapat menerapkan lebih dari 36 jam perminggu
disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah.
3.
Perlu membina siswa dalam
kegiatan pengembangan diri.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN : PENGELOLAAN PESERTA DIDIK
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
KONTRIBUSI
CALON
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
1. Terdapat perencanaan penerimaan peserta
didik
2.
Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
a.
Pembentukan panitia PPDB
b. Rapat kerja dan pembagian tugas
c.
Proses pendaftaran
d.
Proses Seleksi
e.
Proses penentuan calon
terpilih
f.
Proses daftar ulang
3. Melakukan orientasi peserta didik yang
bersifat akademik
4.
Mengatur kehadiran dan
ketidakhadiran peserta didik
5.
Mengatur evaluasi peserta
didik
6.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
7. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
8.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
9. Mengatur organisasi peserta didik yang
meliputi OSIS
10. Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
11.
Melakukan pembinaan prestasi
unggulan.
12. Melakukan Pembinaan dan pengembangan peserta
didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Penyiapan
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Menyelenggarakan
penuangan wahana kreatifitas
d. Mewadahi/menyalurkan
bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
13.
Melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
1. Terdapat perencanaan
penerimaan peserta didik
2.
Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
a. Pembentukan panitia PPDB
b. Rapat kerja dan pembagian tugas
c. Proses pendaftaran
d. Proses Seleksi
e. Proses penentuan calon terpilih
3. Melakukan orientasi peserta didik yang
bersifat akademik
4.
Mengatur kehadiran dan
ketidakhadiran peserta didik
5.
Mengatur evaluasi peserta
didik
6.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
7. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
8.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
9.
10. Tidak Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
11.
Tidak melakukan pembinaan
prestasi unggulan.
12. Tidak melakukan Pembinaan dan pengembangan peserta
didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Tidak memiliki
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Belum
ada penuangan wahana kreatifitas
d. Belum ada
wadah untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
13.
Belum melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
1. Terdapat perencanaan
penerimaan peserta didik
2.
Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
a.
Pembentukan panitia PPDB
b. Rapat kerja dan pembagian tugas
c.
Proses pendaftaran
d.
Proses Seleksi
e.
Proses penentuan calon
terpilih
3. Melakukan
orientasi peserta didik yang bersifat akademik
4.
Mengatur kehadiran dan
ketidakhadiran peserta didik
5.
Mengatur evaluasi peserta
didik
6.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
7. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
8.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
9.
10. Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
11.
Tidak melakukan pembinaan
prestasi unggulan.
12. Melakukan Pembinaan dan pengembangan
peserta didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Belum memiliki
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Belum ada
penuangan wahana kreatifitas
d. Belum ada
wadah untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
13.
Belum melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
1.
Untuk meningkatkan kualitas
peserta didik, maka proses seleksi dialakukan secara jujur, adil, dan
memenuhi prosedur dan kriteria penerimaan.
2.
Perlu dibuka wadah penyaluran
bakat dan minat siswa
3.
Perlu mengadakan kegiatan
ekstra kurilkuler bagi peserta didik.
4.
Mengupayakan adanya pembinaan
prestasi unggulan.
5.
Hendaknya melakukan pelacakan terhadap alumni
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN : PENGELOLAAN PESERTA DIDIK
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
KONTRIBUSI
CALON
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
14.Terdapat perencanaan penerimaan peserta
didik
15.Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
g.
Pembentukan panitia PPDB
h. Rapat kerja dan pembagian tugas
i.
Proses pendaftaran
j.
Proses Seleksi
k.
Proses penentuan calon
terpilih
l.
Proses daftar ulang
16. Melakukan orientasi peserta didik yang
bersifat akademik
17.
Mengatur kehadiran dan
ketidakhadiran peserta didik
18.
Mengatur evaluasi peserta
didik
19.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
20. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
21.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
22. Mengatur organisasi peserta didik yang
meliputi OSIS
23. Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
24.
Melakukan pembinaan prestasi
unggulan.
25. Melakukan Pembinaan dan pengembangan
peserta didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Penyiapan
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Menyelenggarakan
penuangan wahana kreatifitas
d. Mewadahi/menyalurkan
bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
26.
Melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
14.Terdapat perencanaan
penerimaan peserta didik
15.Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
a. Pembentukan panitia PPDB
b. Rapat kerja dan pembagian tugas
c. Proses pendaftaran
d. Proses Seleksi
e. Proses penentuan calon terpilih
f.
Proses
daftar ulang
16. Melakukan orientasi peserta didik yang
bersifat akademik
17.
Mengatur kehadiran dan ketidakhadiran
peserta didik
18.
Mengatur evaluasi peserta
didik
19.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
20. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
21.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
22. Mengatur organisasi peserta didik yang
meliputi OSIS
23. Tidak Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
24.
Tidak melakukan pembinaan
prestasi unggulan.
25. Tidak melakukan Pembinaan dan pengembangan
peserta didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Tidak memiliki
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Belum
ada penuangan wahana kreatifitas
d. Belum ada
wadah untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
26.
Belum melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
14.Terdapat perencanaan
penerimaan peserta didik
15.Terdapat proses
penerimaan peserta didik yang meliputi:
a.
Pembentukan panitia PPDB
b. Rapat kerja dan pembagian tugas
c.
Proses pendaftaran
d.
Proses Seleksi
e.
Proses penentuan calon
terpilih
f.
Proses daftar ulang
16. Melakukan
orientasi peserta didik yang bersifat akademik
17.
Mengatur kehadiran dan
ketidakhadiran peserta didik
18.
Mengatur evaluasi peserta
didik
19.
Mengatur kenaikan kelas,
mutasi dan drop out
20. Mengatur kode etik dan peningkatan disiplin
peserta didik
21.
Mengatur layanan bimbingan
dan konseling peserta didik
22. Mengatur organisasi peserta didik yang
meliputi OSIS
23. Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler untuk peserta didik
24.
Tidak melakukan pembinaan
prestasi unggulan.
25. Melakukan Pembinaan dan pengembangan
peserta didik berupa:
a. Pengembangan
bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan
b. Belum memiliki
perangkat pemantau bakat, minat, kreatifitas, dan kemampuan peserta didik
c. Belum ada
penuangan wahana kreatifitas
d. Belum ada wadah
untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreatifitas siswa
e.
Melaksanakan pemantauan kemampuan siswa
26.
Belum melakukan pelacakan
terhadap alumni
|
6.
Untuk meningkatkan kualitas
peserta didik, maka proses seleksi dialakukan secara jujur, adil, dan
memenuhi prosedur dan kriteria penerimaan.
7.
Perlu dibuka wadah penyaluran
bakat dan minat siswa
8.
Perlu mengadakan kegiatan
ekstra kurilkuler bagi peserta didik.
9.
Mengupayakan adanya pembinaan
prestasi unggulan.
10.
Hendaknya melakukan pelacakan terhadap alumni
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN : PEMANFAATAN
TIK DALAM PEMBELAJARAN
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
ALTERNATIF
SOLUSI PERMASALAHAN
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
A.
TELEVISI
a)
Guru dan siswa menggunakan
acara televisi sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran,
b)
Guru menggunakan siaran TV
Edukasi dalam pembelajaran
c)
TV Edukasi dijadikan sebagai
salah satu sumber belajar di Perpustakaan
B.
RADIO
a)
Guru menjadikan acara Radio
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran
b)
Siswa menjadikan acara Radio
sebagai salah satu sumber belajar
C.
TAPE RECORDER
a) Guru menggunakan
Tape Recorder dalam pembelajaran.
D.
VCD/DVD PLAYER
a)
Guru menggunakan VCD/DVD
Player dalam pembelajaran di kelas.
E.
OHP/LCD PROYEKTOR
a)
Guru menggunakan OHP/LCD
Proyektor dalam pembelajaran
F.
KORAN/MAJALAH
a)
Guru menggunakan
Koran/majalah sebagai sumber atau media pembelajaran
G.
KOMPUTER/LAPTOP
a)
Guru menggunakan komputer
dalam penyusunan silabus dan RPP
b)
Guru menggunakan komputer
dalam penyusunan bahan ajar
c) Guru menggunakan komputer mengolah hasil
belajar siswa
d) Guru menggunakan komputer dalam
pembelajaran matapelajaran TIK
H. INTERNET
a) Guru dan siswa menggunakan Internet
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran
b) Guru menggunakan Internet dalam
pembelajaran matapelajaran TIK
|
A.
TELEVISI
a)
Guru dan siswa tidak
menggunakan acara televisi sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran,
b)
Guru tidak menggunakan siaran
TV Edukasi dalam pembelajaran
c)
TV Edukasi tidak dijadikan
sebagai salah satu sumber belajar di Perpustakaan
B.
RADIO
a)
Guru tidak menjadikan acara
Radio sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran
b)
Siswa tidak menjadikan acara Radio
sebagai salah satu sumber belajar
C.
TAPE RECORDER
a)
Guru tidak menggunakan Tape Recorder dalam pembelajaran.
D.
VCD/DVD PLAYER
a)
Guru tidak menggunakan
VCD/DVD Player dalam pembelajaran di kelas.
E.
OHP/LCD PROYEKTOR
a)
Guru tidak menggunakan
OHP/LCD Proyektor dalam pembelajaran
F.
KORAN/MAJALAH
a)
Guru menggunakan
Koran/majalah sebagai sumber atau media pembelajaran
G.
KOMPUTER/LAPTOP
a)
Guru menggunakan komputer dalam penyusunan
silabus dan RPP (menggunakan jasa pihak lain)
b)
Guru menggunakan komputer
dalam penyusunan bahan ajar (menggunakan jasa pihak lain)
c)
Guru menggunakan komputer
mengolah hasil belajar siswa
d) Guru tidak menggunakan komputer dalam
pembelajaran matapelajaran TIK( sekolah tidak mempunyai peralatan komputer)
H. INTERNET
a) Sebagian kecil guru menggunakan Internet
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran, siswa tidak menggunakan Internet
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran,
b) Guru tidak menggunakan Internet dalam
pembelajaran matapelajaran TIK( tidak memiliki peralatan komputer dan
internet)
|
A.
TELEVISI
a)
Guru dan siswa tidak menggunakan acara televisi
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran,
b)
Guru tidak menggunakan siaran
TV Edukasi dalam pembelajaran
c)
TV Edukasi tidak dijadikan
sebagai salah satu sumber belajar di Perpustakaan
B.
RADIO
a)
Guru tidak menjadikan acara
Radio sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran
b)
Siswa tidak menjadikan acara Radio
sebagai salah satu sumber belajar
C.
TAPE RECORDER
a)
Guru tidak menggunakan Tape Recorder dalam pembelajaran.
D.
VCD/DVD PLAYER
a)
Guru tidak menggunakan
VCD/DVD Player dalam pembelajaran di kelas.
E.
OHP/LCD PROYEKTOR
a)
Guru tidak menggunakan
OHP/LCD Proyektor dalam pembelajaran
F.
KORAN/MAJALAH
a)
Guru menggunakan
Koran/majalah sebagai sumber atau media pembelajaran
G.
KOMPUTER/LAPTOP
a)
Guru menggunakan komputer
dalam penyusunan silabus dan RPP
b)
Guru menggunakan komputer
dalam penyusunan bahan ajar
c) Guru menggunakan komputer mengolah hasil
belajar siswa
d) Guru menggunakan komputer dalam pembelajaran
matapelajaran TIK
H. INTERNET
a) Guru dan siswa menggunakan Internet
sebagai salah satu sumber atau media pembelajaran
b) Guru tidak menggunakan Internet dalam
pembelajaran matapelajaran TIK (belum mempunyai jaringaninternet)
|
1. Perlu pengadaan Ruang komputer dan
internet di sekolah, beserta fasilitasnya.
2. Mengadakan pelatihan pemanfaatan TIK
bagi guru.
3. Berbagi ilmu TIK tentang pembuatan dan
pemanfaatan surat elektronik (email)
4. Berbagi ilmu TIK tentang pembuatan Blog
pribadi yang sederhana.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN :
MONITORING DAN EVALUASI
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
KONTRIBUSI
CALON
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
Kegiatan Monev dilakukan melalui tahap:
A. PERSIAPAN meliputi kegiatan:
1. Menetapkan tujuan MonEv.
2. Membagi tugas dan tanggung jawab tim MonEv,
serta sumber daya yang tersedia.
3. Mengidentifikasi dan mengembangkan instrumen/alat
MonEv yang dibutuhkan.
4.
Berlatih menggunakan instrumen/ alat MonEv.
5. Menyusun rencana kegiatan MonEv
B.
PELAKSANAAN MONEV meliputi kegiatan:
1.
Mengorganisasikan penggunaan intrumen/alat
MonEv .
2.
Mengumpulkan dan mendapatkan data.
3.
Berkoordinasi dan bekerjasama antar tim MonEv.
4.
Memonitoring perkembangan kegiatan.
5.
Memodifikasi/penyesuaian MonEv jika perlu.
6.
Mengidentifikasi masalah –masalah yang penting,
peluang, dan hasil.
7.
Pertemuan tim MonEV untuk monitoring perkembangan
kegiatan.
C.
PELAPORAN meliputi kegiatan:
1.
Berbagi
hasil MonEv dengan warga sekolah terkait dan mendapatkan masukan/umpan balik
lebih lanjut dari mereka.
2. Mendiskusikan bagaimana warga sekolah dapat
menerapkan rekomendasi yang relevan.
|
Pelaksanaan Kegiatan MonEv:
1.
Dilakukan tanpa melalui mekanisme tahapan
persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.
2.
Tidak ada pembagian tugas dan tanggungjawab.
3.
Tidak menggunakan instrumen
4.
Informasi diperoleh secara lisan atau
berdasarkan bukti dan fakta
5.
Hasil monev diinformasikan kepada warga sekolah
untuk memperoleh umpan balik
|
Pelaksanaan Kegiatan MonEv:
1.
Dilakukan tanpa melalui mekanisme tahapan
persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.
2.
Tidak ada pembagian tugas dan tanggung jawab.
3.
Tidak menggunakan instrumen
4.
Informasi diperoleh secara lisan atau
berdasarkan bukti dan fakta
5.
Hasil monev diinformasikan kepada warga sekolah
untuk memperoleh umpan balik
|
1. Menyarankan untuk selalu melakukan
monitoring dan evaluasi program-program atau kebijakan sekolah berdasarkan
prinsip-prinsip monev untuk mengetahui keberhasilan atau efektifitas program.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN : RKS dan RKJM
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
ALTERNATIF
SOLUSI PERMASALAHAN
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
16.
RKJM dan
RKS disusun oleh tim penyusun RKJM/RKS
17.
RKJM dan
RKS disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari
komite sekolah/madrasah dan disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan
kabupaten/kota.
18.
Disosialisasikan
kepada warga sekolah, masyarakat dan pemangku kepentingan.
19.
Penyusunan
RKJM berdasarkan rekomendasi EDS.
20.
RKS
memuat kegiatan-kegiatan:
a. kesiswaan, b. kurikulum dan kegiatan pembelajaran, c. PTK serta pengembangannya, d. sarana dan prasarana, e. keuangan dan pembiayaan, f. budaya dan lingkungan sekolah, g. peran serta masyarakat dan kemitraan, h. rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
21.
Pelaksanaan
kegiatan sekolah yang tidak sesuai dengan RKS perlu mendapat persetujuan
melalui rapat dewan guru dan komite sekolah.
|
1. Tidak ada tim yang dibentuk untuk
menyusun RKJM dan RKS.
2. RKJM dan RKS tidak diajukan pada rapat
dewan guru untuk mendapatkan persetujuan dewan guru.
3. Tidak diajukan kepada pihak dinas
pendidikan kabupaten untuk mendapatkan pengesahan.
4. RKJM dan RKAS belum disosialisasikan
kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan.
5. Sekolah belum melakukan pengisian
instrumen EDS sehingga RKJM yang disusun belum berdasarkan rekomendasi EDS.
6. RKS sudah memuat kegiatan-kegiatan :
a. kesiswaan, b. kurikulum dan kegiatan pembelajaran, c. PTK serta pengembangannya, d. sarana dan prasarana, e. keuangan dan pembiayaan,
f. budaya dan
lingkunag sekolah
g. peran
serta masyarakat masih kurang
h. rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
f. Pelaksanaan kegiatan sekolah ada yang
tidak sesuai dengan RKS tetapi tidak diajukan pada rapat dewan guru untuk
mendapatkan persetujuan.
|
1. RKJM dan RKS disusun oleh tim penyusun
RKJM/RKS.
2. RKJM dan RKS tidak diajukan pada rapat
dewan guru untuk mendapatkan persetujuan dewan guru.
3. Diajukan kepada pihak dinas pendidikan
kabupaten untuk mendapatkan pengesahan.
4. RKJM dan RKAS sudah disosialisasikan
kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan.
5. Sekolah belum melakukan pengisian
instrumen EDS sehingga RKJM yang disusun berdasarkan rekomendasi EDS.
6. RKS sudah memuat kegiatan- kegiatan :
a. kesiswaan, b. kurikulum dan kegiatan pembelajaran, c. PTK serta pengembangannya, d. sarana dan prasarana, e. keuangan dan pembiayaan, f. budaya dan lingkungan sekolah, g. peran serta masyarakat dan kemitraan, h. rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
7. Pelaksanaan kegiatan sekolah sudah
sesuai dengan RKS tetapi tidak diajukan pada rapat dewan guru untuk
mendapatkan persetujuan.
|
1. Sekolah harus berupaya membentuk tim penyusun RKJM dan RKS.
2. Mengusahakan RKJM dan RKS yang sudah disetujui dalam rapat dewan
pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah/madrasah,
juga perlu disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
3. Penyusunan harus RKJM berdasarkan
rekomendasi EDS, maka sekolah perlu menyusun EDS
4. Kegiatan-kegiatan yang termuat dalam RKS
harus berdasarkan skala prioritas, dan sebaiknya memuat kegiatan-kegiatan
kesiswaan, kurikulum, dan kegiatan pembelajaran, PTK serta pengembangannya, sarana dan
prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran
serta masyarakat dan kemitraan, rencana kerja lain yang mengarah kepada
peningkatan dan pemgembangan mutu.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
|
MATRIK HASIL KAJIAN : PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA
SEKOLAH (SARPRAS)
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
ALTERNATIF
SOLUSI PERMASALAHAN
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
Sekolah memiliki sarana dan
prasarana pendidikan yang sesuai Permendiknas Nomor 24 tahun 2007:
A. LAHAN
1. Kepemilikan sah dengan bukti
2. Memenuhi kondisi keamanan
B. BANGUNAN
1. Memenuhi ketentuan rasio luas lantai
terhadap siswa
2. Memenuhi unsur-unsur keselamatan,
unsur kesehatan, unsur kenyamanan, dan
daya listrik
C. RUANG
1)
Ruang
Pendidikan
a) Ruang kelas/teori,
b) Ruang
perpustakaan,
c) Ruang laboratorium
IPA,
d) Ruang
laboratorium Bahasa,
e) Ruang
laboratorium Komputer,
f) Ruang kesenian,
g) Ruang keterampilan,
h) Ruang olahraga.
2)
Ruang
Administrasi
a) Ruang kepala
sekolah,
b) Ruang guru,
c) Ruang tata
usaha,
d) Gudang
3)
Ruang
Penunjang
a)
Ruang konseling,
b)
Ruang beribadah,
c)
Ruang UKS,
d)
Ruang organisasi
kesiswaan,
e)
Ruang koperasi,
f)
Jamban,
g)
Tempat bermain,
h)
Ruang sirkulasi.
D. PERABOT
1.
Perabot
Pendidikan
a) Meja dan kursi siswa di ruang kelas,
b) Meja dan kursi guru di ruang kelas,
c) Meja dan kursi di ruang Laboratorium,
d) Lemari, meja dan kursi di ruang
perpustakaan.
2.
Perabot
administrasi
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang kepala sekolah,
b) Ruang tata usaha,
c) Ruang guru.
3.
Perabot
Penunjang
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang UKS,
b) Ruang OSIS,
c) Ruang koperasi.
E. ALAT DAN MEDIA PENDIDIKAN
1. Setiap mata pelajaran memiliki alat
peraga,
2. Laboratorium memiliki alat-alat praktek,
3. Guru memiliki buku pegangan,
4. Setiap siswa memiliki buku
pegangan/paket untuk semua mata pelajaran,
5. Guru memiliki buku pelengkap,
6. Memiliki buku bacaan fiksi dan non
fiksi.
|
Sarana
dan prasarana pendidikan yang dimiliki :
A. LAHAN
1. Kepemilikan sah dan ada bukti
2. Memenuhi kondisi keamanan
B. BANGUNAN
1. Memenuhi ketentuan rasio luas lantai
terhadap siswa sesuai SPM
2. Memenuhi unsur-unsur keselamatan,
unsur kesehatan, unsur kenyamanan, dan
daya listrik
C. RUANG
1.
Ruang
Pendidikan
a) Ruang kelas/teori,
b) Ruang perpustakaan,
c) Ruang laboratorium IPA,
d) TidakadaRuang laboratorium Bahasa,
e) Tidak ada laboratorium Komputer,
f) Tidak ada ruang kesenian,
g) Ruang keterampilan rusak berat,
h) Tidak ada ruang olahraga.
2. Ruang Administrasi
a) Ruang kepala
sekolah,
b) Ruang guru, (Ruang
belajar dijadikan Ruang Guru)
c) Ruang tata
usaha,
d) Tidak ada
gudang
3. Ruang Penunjang
a) Tidak ada ruang
konseling,
b) Ruang
beribadah/mushallah,
c) Tidak ada
Ruang UKS
d) Tidak organisasi kesiswaan
e) Tidak ada
Ruang Koperasi
f) Jamban,(hanya
1)
g) Tempat
bermain,
h)
D. PERABOT
1.
Perabot
Pendidikan
a) Meja dan kursi siswa di ruang kelas,
b) Meja dan kursi guru di ruang kelas,
c) Meja dan kursi di ruang Laboratorium,
d) Lemari, meja dan kursi di ruang
perpustakaan.
2.
Perabot
administrasi
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang kepala sekolah,
b) Ruang tata usaha,
c) Ruang guru.
3.
Perabot
Penunjang
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang UKS, (tidak ada)
b) Ruang OSIS,(tidak ada)
c) Ruang koperasi. (tidak ada)
E. ALAT
DAN MEDIA PENDIDIKAN
1.
Tidak
semua mata pelajaran memiliki alat peraga,
2.
Laboratorium
memiliki alat-alat praktek tetapi tidak lengkap,
3.
Guru
memiliki buku pegangan,
4.
Jumlah
buku paket tidak memenuhi 1 : 1 dengan jumlah siswa untuk semua mata
pelajaran,
5.
Tidak
semua guru memiliki buku pelengkap,
6.
Tidak
buku bacaan fiksi dan non
fiksi.(tidak lengkap)
|
Sarana
dan prasarana pendidikan yang dimiliki :
A. LAHAN
1. Kepemilikan sah dan ada bukti
2. Memenuhi kondisi keamanan
B. BANGUNAN
1. Memenuhi ketentuan rasio luas lantai
terhadap siswa sesuai SPM
2. Memenuhi unsur-unsur keselamatan,
unsur kesehatan, unsur kenyamanan, dan
daya listrik
C. RUANG
1.
Ruang
Pendidikan
a) Ruang kelas/teori,
b) Ruang perpustakaan,
c) Ruang laboratorium IPA,
d) Ruang laboratorium Bahasa,
e) Ruang laboratorium Komputer,
f) Tidak ada ruang kesenian,
g) Tidak ada ruang keterampilan,
h) Ruang olahraga.
2. Ruang Administrasi
a) Ruang kepala
sekolah,
b) Ruang guru,
c) Ruang tata
usaha,
d) Gudang
3. Ruang Penunjang
a) Ruang
konseling,
b) Ruang
beribadah/mushallah,
c) Ruang UKS,
d) Ruang organisasi kesiswaan,
e) Ruang
koperasi,
f) Jamban,4
g) Tempat
bermain,
h)
D. PERABOT
1.
Perabot
Pendidikan
a) Meja dan kursi siswa di ruang kelas,
b) Meja dan kursi guru di ruang kelas,
c) Meja dan kursi di ruang Laboratorium,
d) Lemari, meja dan kursi di ruang
perpustakaan.
2.
Perabot
administrasi
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang kepala sekolah,
b) Ruang tata usaha,
c) Ruang guru.
3.
Perabot
Penunjang
Lemari,
meja dan kursi di:
a) Ruang UKS,
b) Ruang OSIS,
c) Ruang koperasi.
E. ALAT
DAN MEDIA PENDIDIKAN
1. Semua mata pelajaran memiliki alat
peraga,
2. Laboratorium memiliki alat-alat
praktek kurang lengkap,
3. Guru memiliki buku pegangan,
4. Jumlah buku paket memenuhi 1 : 1 dengan
jumlah siswa untuk semua mata pelajaran,
5. Semua
guru memiliki buku pelengkap,
6. Memiliki buku bacaan fiksi dan non
fiksi.
|
2. Perlu mengupayakan ruang Osis,
ketrampilan, ruang bimpen, UKS, Komerasi, Lab. Kumputer, bahasa dan kesenian.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
MATRIKS HASIL KAJIAN :
PEMBINAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS)
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
NYATA
|
KONTRIBUSI
CALON
|
|
SDN
2 LEMBURSAWAH
|
SDN
1 CIMAHI
|
||
A. Kepala TAS SD
1.
Kualifikasi pendidikan
minimal Diploma tiga (D3)
2.
Memiliki sertifikat kepala
tenaga administrasi dari lembaga yang ditetapkan pemerintah
3.
Memiliki masa kerja minimal 4
tahun
4.
5.
Memiliki kompetensi kepribadian,
sosial, teknis dan manajerial.
B. Pelaksana urusan
1.
Terdapat pelaksana urusan
administrasi kepegawaian, keuangan, sarpras, humas, persuratan dan
pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum.
2.
Pelaksana urusan memiliki
kualifikasi akademik minimal SMA/MA/SMK
3. Memiliki kompetensi kepribadian, sosial,
dan teknis.
C. Petugas layanan khusus
1. Memiliki penjaga sekolah
2. Memiliki pesuruh
3. Kualifikasi pendidikan minimal SMP/MTs
|
A. Kepala TAS
1.
Kualifikasi pendidikan S1
2.
Memiliki sertifikat kepala
tenaga administrasi dari lembaga yang ditetapkan pemerintah
3.
Memiliki masa kerja 3 tahun
4.
Memiliki SK pengangkatan
sebagai tenaga administrasi/oprator
5.
Memiliki kompetensi
kepribadian, sosial, teknis dan manajerial
B. Pelaksana urusan
1.
Belum membagi tugas menjadi pelaksana
urusan administrasi kepegawaian, keuangan, sarpras, humas, persuratan dan
pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum.
2. Pelaksana urusan memiliki kualifikasi
akademik SMA dan S1
3. Memiliki kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis.
C. Petugas layanan khusus
1.
Memiliki penjaga sekolah
2.
Tidak memiliki tukang kebun
3. Tidak memiliki
tenaga kebersihan
4.
Tidak memiliki pengemudi
5.
Tidak memiliki pesuruh
|
A. Kepala TAS
1.
Kualifikasi pendidikan S1
2. Memiliki sertifikat kepala tenaga
administrasi dari lembaga yang ditetapkan pemerintah
3.
Memiliki masa kerja 5 tahun
4.
Memiliki SK pengangkatan
sebagai kepala administrasi
5.
Memiliki kompetensi
kepribadian, sosial, teknis dan manajerial
B. Pelaksana urusan
1.
Sudah membagi tugas menjadi pelaksana
urusan administrasi kepegawaian, keuangan, sarpras, humas, persuratan dan
pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum.
2.
Pelaksana
urusan memiliki kualifikasi akademik SMA dan D2
3. Memiliki kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis.
C. Petugas layanan khusus
1.
Memiliki penjaga sekolah
2.
Tidak memiliki tukang kebun
3. Tidak memiliki
tenaga kebersihan
4.
Tidak memiliki pengemudi
5.
Memiliki pesuruh
|
1.
Kepala TAS membagi tugas
menjadi pelaksana urusan administrasi , keuangan, humas, persuratan dan
pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum.
2.
Harus mengupayakan Petugas
Layanan Kusus
3.
Tenaga TAS harus
eksis/stanbay melaksanakan tugas di sekolah,apalagi masalah penanganan laporan-laporan baik insiden
maupun regular.
|
Mengetahu Mengetahui
Kepala SDN 2 LEMBURSAWAH Kepala SDN 1 CIMAHI CKS
MULYANA SUTARNO,SPd
NIP. 196306061984101002
|
DEDE SUJATMA,SPd
NIP.196203271984101002
|
ADE ROHMAN GUNAWAN
NIP. 196206061981121001
|
No comments:
Post a Comment