TUGAS KELOMPOK
PENGELOLAAN PESERTA DIDIK
Tugas 01 : Pertanyaan Awal
Untuk mengetahui
seberapa banyak Saudara
telah mengetahui konsep-konsep
yang
akan dibahas
dalam bahan pembelajaran ini jawablah beberapa pertanyaan berikut.
1. Mengapa rekrutmen peserta didik harus
dilakukan?
2. Bagaimana sistem seleksi peserta didik yang
kini banyak diterapkan di sekolah-sekolah?
3. Bagaimana cara Saudara menentukan calon
peserta didik yang diterima dalam seleksi?
4. Bagaimana langkah-langkah perencanaan dan
penerimaan peserta didik baru?
1. Rekrutmen peserta didik harus dilaksanakan , disetiap
tahun pelajaran baru tujuannya untuk mengetahui antusias masyarakat dalam dunia
pendidikan,
selain itu untuk membuktikan
bahwa sekolah tersebut masih melaksanakan proses belajar mengajar. dari kelas1
-6. Melaksanakan wajib belajar 9 tahun
sebagai amanat kontitusi Permendiknas No
22 tahun 2006 tentang wajib belajar 9
tahun bagi warga Negara Indonesia
2. Penerimaan siswa baru dilihat dari
A. Kenyataan yang ada di
sekolah
v Daya tampung kelas baru
v Kriteria siswa yang dapat di terima yaitu berusia
6,6 tahun pada saat pendaftaran
v Anggaran yang tersedia
v Tenaga kependidikan yang tersedia.
v Melihat jumlah peserta didik yang tinggal dikelas
sebelumnya.
B. Sistem pendaftaran dan
seleksi atau penyaringan yang akan di berlakukan untuk peserta didik dengan
system promosi dan seleksi
3. Cara menentukan calon
peserta didik yang diterima dalam seleksi adalah berdasarkan:
a.
Berusia 6,6 tahun pada saat
pendaftaran
b.
Jarak dari tempuh
c.
Memiliki Akta Kelahiran dan
Kartu Keluarga.
4. Langkah-langkah
perencanaan dan penerimaan peserta didik baru
1). Pembentukan panitia
penerimaan peserta didik baru,
2). Rapat penetapan kuota
peserta didik baru,
3). Pembuatan, pemasangan
atau pengiriman pengumuman,
4). Pendaftaran peserta
didik baru,
5). Seleksi penerimaan
peserta didik baru,
6). Penentuan peserta didik
yang diterima,
7). Pengumuman peserta didik
yang diterima, dan
8). Registrasi peserta didik
yang diterima
Tugas 02 : Diskusi Kelompok
Petunjuk:
1. Bentuk kelompok dengan lima
anggota.
2. Masing-masing anggota
kelompok mengajukan permasalahan
dalam penerimaan
peserta didik baru di sekolahnya.
3. Diskusikan solusi dari
permasalahan tersebut.
4. Presentasikan hasil diskusi
Saudara dengan PPT.
5. Kelompok lain mengkomentari.
Jawaban :
Permsalahaan yang dihadapi ketika tahun ajaran baru dalam Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB) antara lain :
A.
Dayatampung tidak sesuai dengan jumlah pendaftar
peserta didik
B. Banyaknya
calon PPDB yang lulusan dari TK.PAUD yang berusia dibawah usia
C.
Orang tua yang kurang paham tentang aturan PPDB
Kegiatan-kegiatan yang akan Saudara
lakukan dalam mempelajari bahan pembelajaran
ini adalah sebagai berikut :
Tugas 01 : Diskusi Kelompok
Petunjuk:
1. Bentuk kelompok dengan empat
s.d enam anggota.
2. Diskusikan topik yang Saudara
dapatkan (masing-masing kelompok beda topik).
3. Tuliskan hasil diskusi
Saudara pada lembar presentasi (PPT).
4. Presentasikan hasil
diskusi kelompok untuk
dikomentari oleh kelompok
lain selama
lima menit.
5.Topik untuk diskusi adalah sebagai berikut.
a. Orientasi Siswa Baru
b. Pengembangan Bakat dan Minat
c. Pengembangan Kepribadian
Siswa
d. Pengembangan Karir/Bimbingan
Konseling
e. Pengembangan Kemampuan Berorganisasi
Jawaban :
A.
Untuk memperlancar kegiatan Orientas Siswa Baru agar lebih efektif dan efisien perlu informasi
yang memadai diperlukan faktor
faktor penunjang antara lain
a- Format yang digubakan
b. Petunjuk dan aturan yang
berlaku
c .Ketrampilan personil yang
memadai
B. Pengembangan
Bakat dan Minat dilakukan dilaksanakan melalui kegiatan Ekstra kurikuler secara
terprogram dengan memperhatikan :
a.
Kelas
b.
Usia
c.
Bakat dan minat
C.
Pembinaan sikap sopan santun dalam rangka
mengembangkan kepribadian siswa, :
1.
Menanamkan pembiasaan akhlak mulya
2.
Penanaman pengertian tentang tingkah
laku sebagai pribadi yang sudah dan benar atau baik dan buruk oleh orang tua,
guru atau orang dewasa lainnya dan hal yang penting adalah keteladanan itu
sendiri.agar memiliki :
a.
Mampu menghargai dirinya sendiri, dengan selalu
bergembira saat bersama teman temannya.
b.
Merasa nyaman dan bersemangat dalam kegiatan
berkelompok, maupun kegiatan sendiri
Senang menghadapi tantangan dan mampu mencari solusinya
c.
Mampu bersuara lantang, tanpa bermaksud sombong maupun
melecehkan orang lain
d.
Lebih suka mengatakan “saya tidak tahu cara
mengerjakannya” daripada “saya memang bodoh, tidak mampu melakukannya”
D.
Pengembangan Karir /Bimbingan konseling
a.
Layanan dasar bimbingan -- bimbingan yang
bertujuan untuk membantu seluruh siswa mengembangkan perilaku efektif dan
keterampilan-keterampilan hidup yang mengacu pada tugas-tugas perkembangan
siswa SD.
b.
Layanan
responsif -- layanan bimbingan yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan
yang dirasakan sangat penting oleh peserta didik saat ini. Layanan ini lebih
bersifat preventif atau mungkin kuratif. Strategi yang digunakan adalah
konseling individual, konseling kelompok, dan konsultasi.
Isi
layanan responsif adalah bidang pendidikan, belajar, sosial, pribadi, karier,
tata tertib SD, narkotika dan perjudian, perilaku sosial, serta bidang
kehidupan lainnya.
c.
Layanan perencanaan individual -- layanan
bimbingan yang membantu seluruh peserta didik dan mengimplementasikan
rencana-rencana pendidikan, karier, dan kehidupan sosial dan pribadinya. Tujuan
utama dari layanan ini adalah untuk membantu siswa, memantau pertumbuhan, dan
memahami perkembangan sendiri.
d.
Dukungan sistem -- kegiatan-kegiatan manajemen
yang bertujuan memantapkan, memelihara, dan meningkatkan progam bimbingan
secara menyeluruh. Hal itu dilaksanakan melalui pengembangan profesionalitas,
hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasihat,
masyarakat yang lebih luas, manajemen program, penelitian, dan pengembangan
E. Pembinaan
Pengembangan kemapuan berorganisasi
dilaksanakan dengan cara
a.
Pembentukan ketua kelas
b.
Ketua kelompok belajar
c.
Membentuk kelompok piket
d.
Pembentukan Ketua Regu Pramuka
Tugas LK.B-02 : STUDI KASUS
Petunjuk:
1. Bekerjalah dalam kelompok
5 orang.
2. Pelajari kasusnya dan
jawab/selesaikan tugas di akhir kasus.
MASA ORIENTASI SISWA
Sekolah X sedang melaksanakan masa orientasi siswa selama tiga
hari. Kegiatan yang dirancang panitia masa orientasi siswa dan disetujui oleh
kepala sekolah dan disusun secara acak adalah:
1. Bersih-bersih sekolah
2. Pola pembelajaranan yang
diterapkan di sekolah
3. Tata tertib siswa dalam
kegiatan sekolah
4. Perkenalan warga sekolah
5. Pengenalan fasilitas
sekolah
6. Peserta pekan orientasi
siswa, wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
7. Latihan berorganisasi
8. Baris-berbaris
9. Olah raga
10. Kerohanian
11. Rekreasi
Tugas:
1)
susunlah skala prioritas 1 sampai dengan 11
2)
berikan 3 buah alasan, mengapa kelompok Saudara memutuskan memprioritaskan
nomor 1 sampai nomor 3.
Jawaban
1.
Berdasarkan hasil analisa kelompok
kami tentang masa orientasi siswa yaitu :
1.
Peserta pekan orientasi peserta didik
wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
2.
Tata tertib peserta didik
3.
Perkenalan warga sekolah
4.
Pengenalan fasilitas sekolah
5.
Pola pembelajaran yang diterapkan di
sekolah
6.
Latihan berorganisasi
7.
Baris berbaris
8.
Olah raga
9.
Bersih-bersih sekolah
10. Kerohanian
11. Rekreasi
Prioritas
dalam orientasi siswa adalah :
1.
Peserta pekan orientasi peserta didik
wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
2.
Tata tertib peserta didik
3.
Perkenalan warga sekolah
Alasan kami memprioritaskan
Peserta pekan orientasi peserta didik wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul
17.00 untuk menanamkan kedisiplinan agar masa orientasi berjalan sesuai alokasi
waktu,memahami tata tertib sebelum pelaksanaan kegiatan orientasi dan memperkenalkan kondisi lingkungan agar
lebih mengenal kondisi lingkungan sekolah
No comments:
Post a Comment