Tuesday, January 27, 2015


Cara memperlakukan batu permata Black Opal

Cara memperlakukan batu permata Black Opal   ala Mang KUKUM Mulyadi  


”. 



Sebelum ke pokok bahasan bagaimana “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”, ada baiknya kita tahu bahwa karakter dari batu permata yang satu ini yaitu “Rapuh” alias mudah pecah. Ini disbabkan karena batu Kalimaya Blak Opal ini memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi anda tahu harus bagaimana memperlakukan batu permata Black Opal ini kan?, iya hati-hati jangan sampai terkena benturan benda keras.

Setelah mengetahui karakter dari batu permata Black Opal ini, mari saya tunjukkan cara perawatan batu permata Black Opal, atau lebih tepatnya, “Caraagar batu permata Kalimaya Black Opal, segera keluar kembang. Atau bisa juga “Agar kembang Batu Kalimaya Black Opal, segera menjadi Jarong”. Setidaknya saya sudah berhasil membuat si kembang ini ditumbuhi kembang-kemban jarong yang sangat cantik, meskipun belum bisa dikatakan “Full!!”. Bagaimana, makin penasaran sobat?. Okay, langsung saja ke inti dari artikel ini. Dikarenakan Batu Kalimaya Black Opal ini mengandung banyak kandungan air, makanya dibutuhkan Air hujan untuk perawatan Batu Kalimaya Black Opal ini. Kalau anda susah mendapatkan air hujan, saya sarankan untuk menggatikan air hujan ini dengan Air Kelapa Hijau. 

Caranya sebagai berikut : 
1. Tempatkan Air hujan ke dalam gelas atau mangkok. 
2. Masukkan Batu Kalimaya Black Opal kedalam gelas atau mangkok yg berisi Air hujan tersebut. 
3. Jemur di sinar matahari selam kurang lebih 2 jam. 
4. Simpan ditempat yang gelap dan suhu normal, misalnya di kolong meja, atau tempat yang tidak terkena sinar matahari atau lampu. 
5. Lakukan langkah nomor 3 dan nomor 4, setiap hari. Sambil sesekali di periksa apakah sudah ada perkembangan. 
6. Bersabar, sampai Batu Kalimaya Black Opal anda menjadi seperti yang kita inginkan. 


Catatan tambahan :
1. Saat menjemur Batu Kalimaya Black Opal, air rendaman harus terkena sinar matahari langsung.
2. Setiap 7 hari (seminggu), poles dengan amplas halus dan bubuk intan. (Bagi yang belum tumbuh kembang sinar).
3. Bagi yang belum tumbuh kembang sinar, saya sarankan semua langkah diatas, dilakukan sebelum Batu Kalimaya Black Opal anda di bentuk. Setelah didapat titik-titik kembang, barulah dibentuk sesuai posisi yang dinginkan. Ini dimaksudkan agar bisa disesuaikan, yang sudah ada titik atau kembang sinar dibentuk untuk bagian atas Black Opal.


Pengalaman saya, untuk mendapatkan titik-titik kembang (sinar), saya memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan. Tentu saja ini dipengaruhi dari bahan dan type dari Batu Kalimaya Black Opal anda, serta treatment yang anda lakukan. Agar lebih cepat didapatkan titik-titik kembang (sinar), anda bisa menambah lama waktu jemur dari Batu Kalimaya Black Opal anda setiap harinya. 

No comments: