Friday, September 12, 2014

RTK dalam tugas OJL


Rencana Tindak Kepemimpinan
NAMA
: ADE ROHMAN GUNAWAN
ASAL SEKOLAH
; SDN 2 LEMBURSAWAH


Rencana Tindak Kepemimpinan
RTK:  : Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel dalam mengolah nilai         pembelajaran melalui IHT
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Program
Skenario/ Langkah-langkah Program/ Kegiatan
Sumber daya
Metode pengumpulan data

Nilai Kepemimpinan

Meningkatkan kompetensi CKS dalam kepribadian sosial, manajerial, dan kewirausahaan.








Meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan Microsoft Excel dalam mengolah nilai pembelajaran.






 CKS memiliki kemampuan
Dan  mengawal terlaksananya IHT 
secara baik dengan menunjukan sikap-sikap  kepemimpinan spiritual, kepemimpinan kewirausahaan,  dan kepemimpinan pembelajaran.


Guru  memiliki kemampuan untuk
1.      mendefinisikan konsep Microsoft Excel
2.      menjelaskan kelebihan Microsoft Excel
3.      menjelaskan cara mengoperasikan Microsoft Excel
4.      menggunakan Microsoft Excel dalam pengolahan nilai pembelajaran

Kegiatan IHT mengenai penggunaan Microsoft Exel dalam pengolahan nilai pembelajaran.
1.      Perencanaan
a.       Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat yang akan membantu pelaksanaan pelatihan
b.      Menyusun program perencanaan tindakan: kegiatan yang akan dilakukan, waktu kegiatan, personil yang terlibat, dan sejenisnya.
c.       Menjalin kerjasama dengan nara sumber.
d.      Membuat jadwal kegiatan.
e.       Menyiapkan instrument-intsrumen yang dibutuhkan (monev dan tes)
f.       Menggandakan materi dan panduan yang akan digunakan dalam IHT

2.      Pelaksanaan
a.  Mengawal pelaksanaan IHT dengan sepenuh hati.(kepemimpinan spiritual)
b. Memfasilitasi brainstorming dan apersepsi pentingnya penggunaan Microsoft Exce  dalam pembelajaran . (kepemimpinan spiritual)
c.  Memfasilitasi pembelajaran mengoperasikan Microsoft Exce dengan sabar. (kepimpinan spiritual).
d. Memberikan kesempatan guru untuk mengoperasikan Microsoft Exce dalam penilaian pembelajaran (kreatifitas, inovasi/ kepemimpinan kewirausahaan.)
e.  Memberikan pendampingan kepada guru-guru, jika perlu memberikan pembimbingan tambahan di luar IHT (layanan, kerja keras, pantang menyerah/kepemimpinan kewirausahaan).
f.       Menindak lanjuti IHT dengan cara melakukan observasi ketika guru menggunakan Microsoft Exce dalam penilaian pembelajaran (kepemimpinan pembelajaran)

3.      Monitoring dan Evaluasi
a.       Monitoring
1)      Membagikan instrument monitoring kepada responden yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan pihak lain yang menjadi peserta.
2)      Mengumpulkan instrument yang telah diisi oleh responden.
3)      Mengolah data instrument untuk bahan refleksi.
b.      Evaluasi
1)      Membagiakan lembar soal dan lembar jawaban pada pretest dan posttest.
2)      Mengumpulkan lembar soal dan jawaban.
3)      Mengolah hasil evaluasi sebagai bahan refleksi.

4.      Refleksi
a.         Mengidetifikasi kekuatan dan kelemahan dalam setiap tahapan yang telah dilakukan.
b.        Mencari  solusi untuk langkah yang belum berhasil, khususnya hal-hal yang masih kurang.
c.         Menyusun program tindak lanjut yang akan dilaksanakan pada siklus kedua.
Sumber daya manusia:
1.      Pengawas
2.      Kepala sekolah
3.      Guru senior
4.      Nara sumber

Non manusia :
1.      ATK
2.      Materi IHT
3.      Instrument monitoring
4.      Instrument evaluasi
1.      Angket
2.      Tes

sikap-sikap  kepemimpinan spiritual, kepemimpinan kewirausahaan,  dan kepemimpinan pembelajaran.


            Mengetahui                                                                 Mengetahui                                                     Sukabumi, 1 September 2014
            Pendamping                                                                Kepala Sekolah                                               CKS

           

            MEMET,M.Pd.                                                         MULYANA SUTARNO,S.Pd.                    ADE ROHMANGUNAWAN

NIP. 196402131988031002                                       NIP 196306261984101002.                           NIP. 196206061981121001



No comments: