Saturday, September 6, 2014

Lap OJL

LAPORAN
ON THE JOB LEARNING (OJL)


Disusun sebagai laporan akhir kegiatan On The Job Learning pada Pendidikan dan Pelatihan calon Kepala Sekolah
Kabupaten Sukabumi , Provinsi Jawa Barat
Periode September s/d  Oktober 2014









Nama
Unit Kerja
NIP
: ADE ROHMAN GUNAWAN
: SDN 2 LEMBURSAWAH
: 19620606 198112 1 001




PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUKABUMI
 PROVINSI  JAWA BARAT
Tahun 2014

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN ON THE JOB LEARNING

























DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................................
DAFTARISI................................................................................................................
BAB      I     PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang……………………………………………………….
B.            Tujuan………………………………………………………………
C.            Hasil yang diharapkan………………………………………………
BAB      II    KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
A.            Kondisi Sekolah sendiri…………………………………………….
B.      Kondisi sekolah lain………………………………………………..
BAB    III    PELAKSANAAN TINDAK LANJUT ( RTL )
A.    Pelaksanaan tindak kepemimpinan
1.      Siklus Pertama
a.       Persiapan………………………………………………………
b.      Pelaksanaan…………………………………………………….
c.       Monev…………………………………………………………..
d.      Refleksi…………………………………………………………
e.       Hasil……………………………………………………………
2.      Siklus kedua
a.         Persiapan
b.    Pelaksanaan
c.       Monev
d.      Refleksi
e.       Hasil
B.     Supervisi guru yunior
1.      Perencanaan
2.      Pelaksanaan
2.1  Pra observasi
2.2  Observasi
2.3  Pasca observasi
3.      Tindak lanjut
4.      Hasil
C.     Penyusunan Perangkat Pembelajaraan
1.      RPP
2.      Bahan Ajar
3.      Instrumen Penilaian
D.    Pengkajian Aspek Managerial
1.      Rencana Kerja Sekolah/Madrasah
2.      Pengelolaan Keuangan Sekolah
3.      Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.      Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah
5.      Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah
6.      Pengelolaan Kurikulum
7.      Pengelolaan Peserta Didik
8.      Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
9.      Monitoring dan Evaluasi
E.     Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK

BAB IV. PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran-saran

Lampiran
1.      Matrik RTK
2.      Jadwal RTL
3.      Jurnal Kegiatan (ditandatangani Kepsek)
4.      Dokumen yang relevan
5.      Dokumen kegiatan
















KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb.

          Segala fuji saya ucapkan dan panjatkan pada  Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Laporan akhir ON THE JOB LEARNING ( OJL ) pada Pendidikan dan Pelatihan calon Kepala Sekolah dengan judul Upaya peningkatan kompetensi guru dalam membina kegiatan ekstrakurikuler TIK “


        Laporan ini disusun dalam rangka memenuhi tugas Rencana Tindak Kepemimpinan ( RTK ), pada Pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh : LPMP melalui PROGRAM ProDEP
          Dalam penyusunan laporan On The Job  Learning ini saya merasa masih banyak kekurangan sehingga jauh dari kesempurnaan, baik dilihat dari sistimatik pembahasan maupun dari isi materinya. Oleh karena itu saya akan legowo sekali  menerima masukan dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak guna mendorong ke arah perbaikan yang lebih baik
          Dalam penyusunan laporan ini saya banyak sekali mendapat masukan dan bimbingan,bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya sampapikan ucapan banyak terima kasih atas semuanya  kepada :
1.      Bapak H.Husein Siregar
2.      Bapak Memet
3.      Bapak Sugeng B Waskito
4.       Kepala Dinas Pendidikan Kab.Sukabumi
5.       Kasubag Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
6.       Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
7.      Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cicantayan
8.      Pengawas binaan Gugus Lembursawah
9.      PGRI Cabang Cicantayan
10.  Kepsek dan guru SDN 2 Lembursawah
11.  Kepsek dan guru – guru SDN Cimahi 1                                            
                                   
           Tak lupa ucapkan terima kasih saya sampaikan kepada semua teman peserta Diklat CKS Kab. Sukabumi tahun 2014 atas kerja sama yang telah terbangun  dari mulai awal hingga akhir kegiatan OJL ini selesai
Akhirnya saya berharap, semoga   Allah SWT,  senantiasa melimpahkan berkat dan rahmatNya serta meridhai  segala kegiatan  kita semua . Amiin Ya Rabbal A’lamiin.


Sukabumi,   Oktober 2014

                                                                      Penulis



















BAB I   PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

         Pelaksanaan Pedidikan dan pembeljaran di sekolah adalah perlu proses dan menempuh tahapan tahapan yang terprogram.Mutu atau hasil pendididkn di sekolah itu sangat bergantung pada pelaksana  tugas yang diemban dengan amanah,disiplin dan tanggung jawab.Indikator yang diperlukan tadi, itu sangat bergantung pada kesigapan kinerja para warga sekolah.yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang handal karena begitu banyak perubahan terrjadi dari tahun ke tahun,sehingga diperlukan pula seorang pemimpin yang dapat mengarungi dan menantang sebuah perubahan.Karena pimpinan adalah komando dalam menggerakan sebuah perubahan itu  .     Untuk menjawab tantangan hari ini dan masa yang akan datang, dalam dunia  pendidikan terutama pendidikan formal tidaklah mudah, oleh sebab itu dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua. Kemajuan dan keberhasilan dibidang pendidikan ditentukan oleh beberapa faktor, dan salah satu faktor yang menjadi kunci penentu keberhasilan tersebut  diantaranya adalah profesionalisme  kepala sekolah.
          Menjadi kepala sekolah yang profesional tentulah tidak mudah untuk itu dibutuhkan waktu yang cukup untuk belajar mengembangkan kompetensi yang dimiliki, upaya-upaya tersebut diantaranya melalui pelatihan,bimbingan dan pembinaan.
     Peraturan mentri pendidikan nasional no 28 tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah menjelaskan syarat-syarat dan tahapan yang harus dilalui seorang guru untuk diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah / madrasah. Proses penyiapan calon kepala sekolah itu melalui rekrutmen dan seleksi yang cukup ketat diantaranya seleksi administratif, dan seleksi akademik , setelah lolos dari kedua seleksi tersebut calon kepala sekolah harus mengikuti pendidikan dan pelatihan yang setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan ON THE JOB LEARNING. Sebagai ajang untuk melatih kepemimpinan calon kepala sekolah.
           Didalam Permendiknas no 13 tahun 2007 tentang Standar kepala sekolah/madrasah dinyatakan : bahwa Kepala sekolah harus memiliki 5 dimensi Kompetensi, yaitu kompetensi Kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial. Oleh sebab itu seorang calon kepala sekolah perlu dibekali berbagai keterampilan dan keahlian guna meningkatkan kelima kompetensi tersebut melalui pendidikan dan pelatihan serta melalui kegiatan On The Job Learning. Kegiatan On The Job Learning ini difokuskan pada upaya untuk mempraktekan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus di miliki.diantaranya menerapkan rencana tindak kepemimpinan,mensupervisi guru,menyusun prangkat pembelajaran, dan pengkajian sembilan aspek menejerial. Sehingga dengan demikian diharapkan para calon kepala sekolah benar-benar profesional dan memiliki kompetensi yang cukup,sehingga jika mereka  nanti ditugaskan benar-benar mampu meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya.

A.  TUJUAN
          Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal, bahwa setiap calon kepala sekolah dituntut untuk  melakukan rencana tindak kepemimpinan melalui kegiatan On The Job Learning, yang tujuannya adalah :
1.      untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial para calon kepala sekolah .
2.      Untuk menimba berbagai pengalaman tentang bagaimana cara mengelolaan dan peningkatan kinerja sekolah dengan baik
3.      Untuk mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme para calon kepala sekolah yang nantinya menjadi bekal ketika bertugas sebagai pimpinan di sekolah.
4.      Untuk meningkatkan kompetensi berdasarkan AKPK yang kurang.

B.   HASIL YANG DIHARAPKAN
          Dengan melakukan kegiatan On The Job Learning ini maka hasil yang diharapkan adalah:
1.       meningkatnya kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan kompetensi sosial calon kepala sekolah .
2.      Meningkatnya kompetensi supervisi akademik
3.      Memiliki keahlian dalam penyusunan perangkat pembelajaran
4.      Memiliki keahlian dalam melakukan kajian terhadap sembilan aspek manajerial.
5.      Meningkatnya kompetensi calon kepala sekolah berdasarkan AKPK yang kurang.



























BAB II. KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG

A.      Kondisi Sekolah Sendiri.
          Sekolah SDN 2 Lembursawah didirikan pada tahun 1975, terletak di Jln Lembursawah RT 05 / RT 01 Desa Lembursawah Kecamatan Cicanatayan  Kabupaten Sukabumi. Sekolah ini berada di ujung timur perbtasaan antara kecamatan Cibadak dengan Kecamatan Cicantayan..Sekolah ini adalah satu-satunya dipinggiran kota yang memiliki nuansa asri dan udara yang sejuk dan segar menjadi tujuan utama para orang tua dalam menyekolahkan anaknya, sehingga tiap tahun penerimaan siswa selalu melebihi target yang telah ditetapkan sementara jumlah ruang kelas sangat terbatas.
           Kondisi sosial ekonomi masyarakat dilingkungan sekolah SDN  2 Lembursawah sangat beragam , dengan tingkat ekonomi orangtua siswa  rata-rata cukup, namun tingkat partisifasi / daya dukung masyarakat terhadap sekolah masih belum maksimal. Selengkapnya mengenai profil sekolah SDN 2 Lembursawah akan dijelaskan sebagai berikut.



PROFIL SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LEMBURSAWAH
       Nama Sekolah                        :  SDN 2 LEMBURSAWAH
Alamat                                   :  Jln.Lembursawah Desa Lembursawah
                                 Kecamatan Cicanatayan Kabupaten               
                                       Sukabumi Jawa Barat.
       No rekening sekolah               : Bank Jabar  No Rek.8019032396100
       No NPWP                               : 00.524.259.9-405.000
No Telepon/HP                       : ( 0266) 535 825    
1.    NSS / NPSN                       : 101020611009 / 20202248
2.    Akreditasi                           : B
3.    Tahun didirikan                  : 1975
4.    Tahun beroprasi                  : 1975
5.    Kepemilikan tanah              :
a.       Status tanah            : Hak Milik        
b.      Luas tanah              : 987 M 2
6.    Status bangunan                  : Milik Pemerintah
               
a.       Surat izin bangunan   : 101/PRB/1975
b.      Luas bangunan          :  455 M 2
7.    VISI Sekolah :  Unggul dalam prestasi,terampil serta berakhlaqulkarimah

8.    Data siswa
 Kelas
Kls 1
Kls 2
Kls 3
Kls 4
Kls 5
Kls  6
Jumlah

Jenis
Kelamin
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
19
17
17\
25
19
23
32
21
13
22
19\
32
119
140

Jumlah

36

42

42

53

35

51

259


9.    Data ruangan
Jenis Ruangan  
Baik
Sedang
rusak
Jumah
1.         Ruang kelas
4
-
2
6
2.         Ruang KS
1
-
-
1
3.         Ruang guru
-
1
-
1
4.         Ruang perpus
-
1
-
1
5.         Ruang UKS
-
-
-
0
6.         Ruang toilet guru
1
-
-
1
7.         Ruang toilet siswa
-
-


8.         Ruang gudang

-
-


10.Data Pendidik  dan Tenaga Kependidikan  berdasar pendidikan


Jabatan

Kualifikasi Akademik

Jml

Ket.
SLP
SMA
D3
D IV
S1
S 2
1.         Kepala sekolah




1

1
PNS
2.         Guru kelas




6

6
PNS
3.         Guru MP




1

1
WB
4.         Guru Agama




1

1
PNS
5.         Guru Penjaskes







WB
6.         Petugas Operator




1

1
WB
7.         Penjaga
1





1
WB

No comments: