Lap OJL
LAPORAN
ON THE JOB LEARNING (OJL)
Disusun
sebagai laporan akhir kegiatan On The Job Learning pada Pendidikan dan Pelatihan
calon Kepala Sekolah
Kabupaten
Sukabumi , Provinsi Jawa Barat
Periode
September
s/d Oktober 2014
Nama
Unit
Kerja
NIP
|
:
ADE ROHMAN GUNAWAN
:
SDN 2 LEMBURSAWAH
:
19620606 198112 1 001
|
PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUKABUMI
PROVINSI
JAWA BARAT
Tahun 2014
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
ON THE JOB LEARNING
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................................
DAFTARISI................................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang……………………………………………………….
B.
Tujuan………………………………………………………………
C.
Hasil
yang diharapkan………………………………………………
BAB
II KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
A.
Kondisi
Sekolah sendiri…………………………………………….
B. Kondisi
sekolah lain………………………………………………..
BAB
III PELAKSANAAN TINDAK LANJUT (
RTL )
A.
Pelaksanaan
tindak kepemimpinan
1.
Siklus
Pertama
a.
Persiapan………………………………………………………
b.
Pelaksanaan…………………………………………………….
c.
Monev…………………………………………………………..
d.
Refleksi…………………………………………………………
e.
Hasil……………………………………………………………
2.
Siklus
kedua
a.
Persiapan
b. Pelaksanaan
c.
Monev
d.
Refleksi
e.
Hasil
B.
Supervisi
guru yunior
1.
Perencanaan
2.
Pelaksanaan
2.1 Pra observasi
2.2 Observasi
2.3 Pasca observasi
3.
Tindak
lanjut
4.
Hasil
C.
Penyusunan
Perangkat Pembelajaraan
1.
RPP
2.
Bahan
Ajar
3.
Instrumen
Penilaian
D.
Pengkajian
Aspek Managerial
1.
Rencana
Kerja Sekolah/Madrasah
2.
Pengelolaan
Keuangan Sekolah
3.
Pengelolaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.
Pengelolaan
Ketatausahaan Sekolah
5.
Pengelolaan
Sarana Prasarana Sekolah
6.
Pengelolaan
Kurikulum
7.
Pengelolaan
Peserta Didik
8.
Pemanfaatan
TIK dalam Pembelajaran
9.
Monitoring
dan Evaluasi
E.
Peningkatan
Kompetensi Berdasarkan AKPK
BAB IV. PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran-saran
Lampiran
1.
Matrik
RTK
2.
Jadwal
RTL
3.
Jurnal
Kegiatan (ditandatangani Kepsek)
4.
Dokumen
yang relevan
5.
Dokumen
kegiatan
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb.
Segala fuji saya ucapkan dan panjatkan pada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan
hidayah
Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Laporan akhir ON THE JOB LEARNING ( OJL ) pada
Pendidikan dan Pelatihan calon Kepala Sekolah dengan judul “Upaya
peningkatan kompetensi guru dalam membina kegiatan ekstrakurikuler TIK “
|
|
Laporan ini disusun dalam rangka
memenuhi tugas Rencana Tindak
Kepemimpinan ( RTK ), pada Pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah
yang diselenggarakan oleh : LPMP melalui PROGRAM ProDEP
Dalam
penyusunan laporan On The Job Learning ini saya merasa masih banyak kekurangan sehingga jauh
dari kesempurnaan, baik dilihat dari sistimatik pembahasan maupun dari isi
materinya. Oleh karena itu saya akan legowo sekali menerima masukan dan saran yang konstruktif dari
berbagai pihak guna mendorong ke arah perbaikan yang lebih baik
Dalam penyusunan laporan ini saya banyak sekali mendapat masukan dan bimbingan,bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya sampapikan ucapan
banyak terima kasih atas semuanya
kepada :
1. Bapak H.Husein Siregar
2.
Bapak Memet
3.
Bapak
Sugeng B
Waskito
4.
Kepala Dinas Pendidikan Kab.Sukabumi
5.
Kasubag Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten
Sukabumi
6.
Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
7.
Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan
Cicantayan
8.
Pengawas binaan Gugus Lembursawah
9.
PGRI Cabang Cicantayan
10. Kepsek dan guru SDN 2 Lembursawah
11. Kepsek dan guru – guru SDN Cimahi 1
Tak lupa ucapkan terima kasih saya
sampaikan kepada semua teman peserta Diklat CKS Kab.
Sukabumi tahun 2014 atas kerja sama yang
telah terbangun
dari mulai awal hingga akhir kegiatan OJL ini selesai
Akhirnya
saya berharap, semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan berkat dan rahmatNya
serta meridhai segala kegiatan kita semua . Amiin Ya Rabbal A’lamiin.
Sukabumi,
Oktober 2014
Penulis
BAB
I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pelaksanaan Pedidikan dan
pembeljaran di sekolah adalah perlu proses dan menempuh tahapan tahapan yang
terprogram.Mutu atau hasil pendididkn di sekolah itu sangat bergantung pada
pelaksana tugas yang diemban dengan
amanah,disiplin dan tanggung jawab.Indikator yang diperlukan tadi, itu sangat bergantung
pada kesigapan kinerja para warga sekolah.yang dipimpin oleh seorang kepala
sekolah yang handal karena begitu banyak perubahan terrjadi dari tahun ke
tahun,sehingga diperlukan pula seorang pemimpin yang dapat mengarungi dan
menantang sebuah perubahan.Karena pimpinan adalah komando dalam menggerakan
sebuah perubahan itu . Untuk menjawab tantangan hari
ini dan masa yang akan datang, dalam dunia pendidikan terutama pendidikan formal tidaklah
mudah, oleh sebab itu dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan
orang tua. Kemajuan dan keberhasilan dibidang pendidikan ditentukan oleh
beberapa faktor, dan salah satu faktor yang menjadi kunci penentu keberhasilan
tersebut diantaranya adalah
profesionalisme kepala sekolah.
Menjadi kepala sekolah yang
profesional tentulah tidak mudah untuk itu dibutuhkan waktu yang cukup untuk
belajar mengembangkan kompetensi yang dimiliki, upaya-upaya tersebut
diantaranya melalui pelatihan,bimbingan dan pembinaan.
Peraturan mentri pendidikan nasional no 28 tahun 2010 tentang penugasan
guru sebagai kepala sekolah/madrasah menjelaskan syarat-syarat dan tahapan yang
harus dilalui seorang guru untuk diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah /
madrasah. Proses penyiapan calon kepala sekolah itu melalui rekrutmen dan
seleksi yang cukup ketat diantaranya seleksi administratif, dan seleksi
akademik , setelah lolos dari kedua seleksi tersebut calon kepala sekolah harus
mengikuti pendidikan dan pelatihan yang setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan
ON THE JOB LEARNING. Sebagai ajang untuk melatih kepemimpinan calon kepala
sekolah.
Didalam Permendiknas no 13 tahun 2007 tentang
Standar kepala sekolah/madrasah dinyatakan : bahwa Kepala sekolah harus
memiliki 5 dimensi Kompetensi, yaitu kompetensi Kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi
sosial. Oleh sebab itu seorang calon kepala sekolah perlu dibekali
berbagai keterampilan dan keahlian guna meningkatkan kelima kompetensi tersebut
melalui pendidikan dan pelatihan serta melalui kegiatan On The Job Learning.
Kegiatan On The Job Learning ini difokuskan pada upaya untuk
mempraktekan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus di
miliki.diantaranya menerapkan rencana tindak kepemimpinan,mensupervisi
guru,menyusun prangkat pembelajaran, dan pengkajian sembilan aspek menejerial. Sehingga dengan demikian
diharapkan para calon kepala sekolah benar-benar profesional dan memiliki
kompetensi yang cukup,sehingga jika mereka
nanti ditugaskan benar-benar mampu meningkatkan kualitas sekolah yang
dipimpinnya.
A. TUJUAN
Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal, bahwa setiap calon
kepala sekolah dituntut untuk melakukan rencana tindak kepemimpinan melalui
kegiatan On The Job Learning, yang tujuannya
adalah :
1.
untuk
meningkatkan kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan
kompetensi sosial para calon kepala sekolah .
2.
Untuk
menimba berbagai pengalaman tentang bagaimana cara mengelolaan dan peningkatan
kinerja sekolah dengan baik
3.
Untuk
mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme para calon kepala sekolah yang
nantinya menjadi bekal ketika bertugas sebagai pimpinan di sekolah.
4.
Untuk
meningkatkan kompetensi berdasarkan AKPK yang kurang.
B.
HASIL
YANG DIHARAPKAN
Dengan melakukan kegiatan On The Job Learning ini maka hasil
yang diharapkan adalah:
1.
meningkatnya kompetensi kepribadian,
manajerial, kewirausahaan, supervisi dan kompetensi sosial calon kepala sekolah
.
2.
Meningkatnya
kompetensi supervisi akademik
3.
Memiliki
keahlian dalam penyusunan perangkat pembelajaran
4.
Memiliki
keahlian dalam melakukan kajian terhadap sembilan aspek manajerial.
5.
Meningkatnya
kompetensi calon kepala sekolah berdasarkan AKPK yang kurang.
BAB
II. KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
A.
Kondisi
Sekolah Sendiri.
Sekolah SDN 2 Lembursawah didirikan pada tahun 1975, terletak di Jln Lembursawah RT 05 / RT 01 Desa Lembursawah Kecamatan
Cicanatayan Kabupaten
Sukabumi. Sekolah ini berada di ujung timur perbtasaan antara kecamatan Cibadak dengan Kecamatan
Cicantayan..Sekolah ini adalah satu-satunya dipinggiran kota yang memiliki
nuansa asri dan udara yang sejuk dan segar menjadi tujuan utama para orang tua dalam
menyekolahkan anaknya, sehingga tiap tahun penerimaan siswa selalu melebihi
target yang telah ditetapkan sementara jumlah ruang kelas sangat terbatas.
Kondisi sosial ekonomi masyarakat dilingkungan
sekolah SDN 2 Lembursawah
sangat beragam , dengan tingkat ekonomi orangtua siswa rata-rata cukup, namun tingkat partisifasi / daya
dukung masyarakat terhadap sekolah masih belum maksimal. Selengkapnya mengenai
profil sekolah SDN 2 Lembursawah akan dijelaskan
sebagai berikut.
PROFIL
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LEMBURSAWAH
Nama
Sekolah : SDN 2 LEMBURSAWAH
Alamat
: Jln.Lembursawah Desa Lembursawah
Kecamatan Cicanatayan Kabupaten
Sukabumi
Jawa Barat.
No rekening sekolah : Bank Jabar No Rek.8019032396100
No NPWP : 00.524.259.9-405.000
No
Telepon/HP : ( 0266) 535
825
1.
NSS
/ NPSN :
101020611009
/ 20202248
2.
Akreditasi : B
3. Tahun didirikan : 1975
4.
Tahun
beroprasi :
1975
5. Kepemilikan tanah :
a.
Status
tanah : Hak Milik
b.
Luas
tanah : 987 M 2
6. Status bangunan :
Milik Pemerintah
a.
Surat
izin bangunan : 101/PRB/1975
b.
Luas
bangunan : 455 M 2
7. VISI Sekolah : “Unggul dalam prestasi,terampil serta berakhlaqulkarimah
“
8. Data siswa
Kelas
|
Kls
1
|
Kls
2
|
Kls
3
|
Kls
4
|
Kls
5
|
Kls 6
|
Jumlah
|
||||||||
Jenis
Kelamin
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|
19
|
17
|
17\
|
25
|
19
|
23
|
32
|
21
|
13
|
22
|
19\
|
32
|
119
|
140
|
||
Jumlah
|
36
|
42
|
42
|
53
|
35
|
51
|
259
|
||||||||
9. Data ruangan
Jenis
Ruangan
|
Baik
|
Sedang
|
rusak
|
Jumah
|
1.
Ruang kelas
|
4
|
-
|
2
|
6
|
2.
Ruang KS
|
1
|
-
|
-
|
1
|
3.
Ruang guru
|
-
|
1
|
-
|
1
|
4.
Ruang perpus
|
-
|
1
|
-
|
1
|
5.
Ruang UKS
|
-
|
-
|
-
|
0
|
6.
Ruang toilet
guru
|
1
|
-
|
-
|
1
|
7.
Ruang toilet
siswa
|
-
|
-
|
|
|
8.
Ruang gudang
|
|
-
|
-
|
|
10.Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan berdasar pendidikan
Jabatan
|
Kualifikasi Akademik
|
Jml
|
Ket.
|
|||||
SLP
|
SMA
|
D3
|
D
IV
|
S1
|
S 2
|
|||
1.
Kepala
sekolah
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
PNS
|
2.
Guru kelas
|
|
|
|
|
6
|
|
6
|
PNS
|
3.
Guru MP
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
WB
|
4.
Guru Agama
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
PNS
|
5.
Guru Penjaskes
|
|
|
|
|
|
|
|
WB
|
6.
Petugas Operator
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
WB
|
7.
Penjaga
|
1
|
|
|
|
|
|
1
|
WB
|
No comments:
Post a Comment