Friday, August 29, 2014



TUGAS KELOMPOK
PENGELOLAAN PESERTA DIDIK

Tugas  01 : Pertanyaan Awal
Untuk  mengetahui  seberapa  banyak  Saudara  telah  mengetahui  konsep-konsep  yang
akan dibahas dalam bahan pembelajaran ini jawablah beberapa pertanyaan berikut.
1.  Mengapa rekrutmen peserta didik harus dilakukan?
2.  Bagaimana sistem seleksi peserta didik yang kini banyak diterapkan di sekolah-sekolah?
3.  Bagaimana cara Saudara menentukan calon peserta didik yang diterima dalam seleksi?
4.  Bagaimana langkah-langkah perencanaan dan penerimaan peserta didik baru?

1.      Rekrutmen peserta didik harus dilaksanakan , disetiap tahun pelajaran baru tujuannya untuk mengetahui antusias masyarakat dalam dunia pendidikan,
selain itu untuk membuktikan bahwa sekolah tersebut masih melaksanakan proses belajar mengajar. dari kelas1 -6.   Melaksanakan wajib belajar 9 tahun sebagai  amanat kontitusi Permendiknas No 22 tahun 2006  tentang wajib belajar 9 tahun bagi warga Negara Indonesia

2.      Penerimaan siswa baru dilihat dari
A. Kenyataan yang ada di sekolah
v Daya tampung kelas baru
v Kriteria siswa yang dapat di terima yaitu berusia 6,6 tahun pada saat pendaftaran
v Anggaran yang tersedia
v Tenaga kependidikan yang tersedia.
v Melihat jumlah peserta didik yang tinggal dikelas sebelumnya.

B. Sistem pendaftaran dan seleksi atau penyaringan yang akan di berlakukan untuk peserta didik dengan system promosi dan seleksi

3.      Cara menentukan calon peserta didik yang diterima dalam seleksi adalah berdasarkan:
a.       Berusia 6,6 tahun pada saat pendaftaran
b.       Jarak dari tempuh
c.       Memiliki Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.
4.      Langkah-langkah perencanaan dan penerimaan peserta didik baru
1). Pembentukan panitia penerimaan peserta didik baru,
2). Rapat penetapan kuota peserta didik baru,
3). Pembuatan, pemasangan atau pengiriman pengumuman,
4). Pendaftaran peserta didik baru,
5). Seleksi penerimaan peserta didik baru,
6). Penentuan peserta didik yang diterima,
7). Pengumuman peserta didik yang diterima, dan
8). Registrasi peserta didik yang diterima


Tugas 02 : Diskusi Kelompok
Petunjuk:
1.  Bentuk kelompok dengan lima anggota.
2.  Masing-masing  anggota  kelompok  mengajukan  permasalahan  dalam  penerimaan
peserta didik baru di sekolahnya.
3.  Diskusikan solusi dari permasalahan tersebut.
4.  Presentasikan hasil diskusi Saudara dengan PPT.
5.  Kelompok lain mengkomentari.

Jawaban :
Permsalahaan yang dihadapi ketika tahun ajaran baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) antara lain :
A.      Dayatampung tidak sesuai dengan jumlah pendaftar peserta didik
B.      Banyaknya calon PPDB yang lulusan dari TK.PAUD yang berusia dibawah usia
C.      Orang tua yang kurang paham tentang aturan PPDB


Kegiatan-kegiatan yang akan Saudara  lakukan dalam mempelajari bahan pembelajaran
ini adalah sebagai berikut :
Tugas  01 : Diskusi Kelompok
Petunjuk:
1.  Bentuk kelompok dengan empat s.d enam anggota.
2.  Diskusikan topik yang Saudara dapatkan (masing-masing kelompok beda topik).
3.  Tuliskan hasil diskusi Saudara pada lembar presentasi (PPT).
4.  Presentasikan  hasil  diskusi  kelompok  untuk  dikomentari  oleh  kelompok  lain  selama
lima menit.
5.Topik untuk diskusi adalah sebagai berikut.

a.  Orientasi Siswa Baru
b.  Pengembangan Bakat dan Minat
c.  Pengembangan Kepribadian Siswa
d.  Pengembangan Karir/Bimbingan Konseling
e.  Pengembangan Kemampuan Berorganisasi

Jawaban :
A.      Untuk memperlancar kegiatan Orientas  Siswa Baru agar lebih efektif dan efisien perlu  informasi  yang  memadai diperlukan faktor faktor penunjang antara lain
a- Format yang digubakan
b. Petunjuk dan aturan yang berlaku
c .Ketrampilan personil yang memadai

B.      Pengembangan Bakat dan Minat dilakukan dilaksanakan melalui kegiatan Ekstra kurikuler secara terprogram dengan memperhatikan :
a.       Kelas
b.      Usia
c.       Bakat dan minat

C.      Pembinaan sikap sopan santun dalam rangka mengembangkan kepribadian siswa, :

1.      Menanamkan  pembiasaan akhlak mulya
2.      Penanaman pengertian tentang tingkah laku sebagai pribadi yang sudah dan benar atau baik dan buruk oleh orang tua, guru atau orang dewasa lainnya dan hal yang penting adalah keteladanan itu sendiri.agar memiliki :
a.       Mampu menghargai dirinya sendiri, dengan selalu bergembira saat bersama teman temannya.
b.      Merasa nyaman dan bersemangat dalam kegiatan berkelompok, maupun kegiatan sendiri
Senang menghadapi tantangan dan mampu mencari solusinya
c.       Mampu bersuara lantang, tanpa bermaksud sombong maupun melecehkan orang lain
d.      Lebih suka mengatakan “saya tidak tahu cara mengerjakannya” daripada “saya memang bodoh, tidak mampu melakukannya”

D.      Pengembangan Karir /Bimbingan konseling

a.       Layanan dasar bimbingan -- bimbingan yang bertujuan untuk membantu seluruh siswa mengembangkan perilaku efektif dan keterampilan-keterampilan hidup yang mengacu pada tugas-tugas perkembangan siswa SD.

b.       Layanan responsif -- layanan bimbingan yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh peserta didik saat ini. Layanan ini lebih bersifat preventif atau mungkin kuratif. Strategi yang digunakan adalah konseling individual, konseling kelompok, dan konsultasi.
Isi layanan responsif adalah bidang pendidikan, belajar, sosial, pribadi, karier, tata tertib SD, narkotika dan perjudian, perilaku sosial, serta bidang kehidupan lainnya.
c.       Layanan perencanaan individual -- layanan bimbingan yang membantu seluruh peserta didik dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikan, karier, dan kehidupan sosial dan pribadinya. Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk membantu siswa, memantau pertumbuhan, dan memahami perkembangan sendiri.

d.      Dukungan sistem -- kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan memantapkan, memelihara, dan meningkatkan progam bimbingan secara menyeluruh. Hal itu dilaksanakan melalui pengembangan profesionalitas, hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasihat, masyarakat yang lebih luas, manajemen program, penelitian, dan pengembangan


E.      Pembinaan Pengembangan kemapuan  berorganisasi dilaksanakan dengan cara
a.       Pembentukan ketua kelas
b.      Ketua kelompok belajar
c.       Membentuk kelompok piket
d.      Pembentukan Ketua Regu Pramuka



































Tugas LK.B-02 : STUDI KASUS
Petunjuk:
1.  Bekerjalah dalam kelompok 5 orang.
2.  Pelajari kasusnya dan jawab/selesaikan tugas di akhir kasus.

MASA ORIENTASI SISWA
Sekolah X sedang melaksanakan masa orientasi siswa selama tiga hari. Kegiatan yang dirancang panitia masa orientasi siswa dan disetujui oleh kepala sekolah dan disusun secara acak adalah:
1.  Bersih-bersih sekolah
2.  Pola pembelajaranan yang diterapkan di sekolah
3.  Tata tertib siswa dalam kegiatan sekolah
4.  Perkenalan warga sekolah
5.  Pengenalan fasilitas sekolah
6.  Peserta pekan orientasi siswa, wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
7.  Latihan berorganisasi
8.  Baris-berbaris
9.  Olah raga
10. Kerohanian
11. Rekreasi

Tugas:
1)      susunlah skala prioritas 1 sampai dengan 11
2)      berikan 3 buah alasan, mengapa kelompok Saudara memutuskan memprioritaskan nomor 1 sampai nomor 3.



Jawaban
1.      Berdasarkan hasil analisa kelompok kami tentang masa orientasi siswa yaitu :

1.          Peserta pekan orientasi peserta didik wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
2.          Tata tertib peserta didik
3.          Perkenalan warga sekolah
4.          Pengenalan fasilitas sekolah
5.          Pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah
6.          Latihan berorganisasi
7.          Baris berbaris
8.          Olah raga
9.          Bersih-bersih sekolah
10.      Kerohanian
11.      Rekreasi
Prioritas dalam orientasi siswa adalah :
1.          Peserta pekan orientasi peserta didik wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00
2.          Tata tertib peserta didik
3.          Perkenalan warga sekolah


Alasan kami memprioritaskan Peserta pekan orientasi peserta didik wajib hadir pukul 06.00 sampai pukul 17.00 untuk menanamkan kedisiplinan agar masa orientasi berjalan sesuai alokasi waktu,memahami tata tertib sebelum pelaksanaan kegiatan orientasi  dan memperkenalkan kondisi lingkungan agar lebih mengenal kondisi lingkungan sekolah

No comments: